gisadmin - 12 Jul 2018

6 Tips Tetap Sehat Menyetir Dikala Hadapi Macet saat Perjalanan Jauh

Bila kamu mudik dengan menggunakan mobil pribadi, perlu diperhatikan beberapa hal agar tubuh tetap sehat selama mudik. Berikut ini informasinya.

Bila kamu ingin merencanakan perjalanan jauh, misalnya liburan menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan. Tidak hanya mobil yang harus dipersiapkan saat akan menempuh perjalanan jarak jauh, kamu juga perlu menjaga stamina saat mengemudi jarak jauh. Apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kondisi tubuh saat berkendara dalam jarak jauh? Ini jawabannya.

Menjaga Kesehatan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Sebaiknya kamu dan anggota keluarga sudah mempersiapkan kondisi fisik yang prima jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan jauh. Misalnya, dengan melakukan jogging atau jalan pagi setiap hari atau minimal tiga kali seminggu. Olahraga ini sangat membantu untuk mempersiapkan fisik secara baik dan bertahap. Bila tubuh sudah mulai merasa kesakitan, sebaiknya segera minum obat atau ke dokter bila sakitnya tak kunjung sembuh.

Sempatkan Waktu untuk Melakukan Peregangan

Melakukan perjalanan jarak jauh memungkinkan kamu mengalami macet yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam. Hal tersebut tentu membuat tubuh menjadi pegal-pegal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pegal-pegal adalah dengan melakukan stretching menggunakan barang yang ada di dalam mobil. Kamu bisa menggunakan handle pintu sebagai tumpuan kemudian gerakkan pinggang memutar ke kiri dan ke kanan. Bila situasi memungkinkan untuk  kamu keluar mobil, keluarlah dari mobil dan berjalan-jalan sebentar mengitari mobil kamu. Ini tentu bisa membuat aliran darah menjadi lebih baik.

Jangan Menggunakan Ponsel Selama Menyetir

Jangan sekali-kali kamu menggunakan ponsel ketika sedang menyetir karena bisa mengganggu konsentrasi kamu. Selain itu, bukan tidak mungkin jika melihat ponsel selama menyetir kemudian kembali fokus menyetir bisa membuat pandangan mata jadi agak kabur (blur).

Sempatkan untuk Beristirahat Saat Perjalanan Panjang

Hindari terus menyetir tanpa menyempatkan istirahat. Sebaiknya beristirahat jika tubuh merasa lelah. Waktu istirahat ini bisa digunakan untuk buang air kecil, melakukan peregangan, minum, bila perlu tidur sebentar.

Adanya Supir Pengganti

Sebisa mungkin ajak anggota keluarga yang bisa menyetir selama melakukan perjalanan bila kamu mengejar waktu agar cepat sampai di tujuan. Bila anggota keluarga kamu tidak ada yang bisa menyetir, sebaiknya bawa supir pengganti agar bisa bergantian. Ini lebih baik daripada kamu minum kopi atau minuman berenergi.

Cukupi Kebutuhan Makanan dan Cairan

Selama perjalanan yang cukup panjang, tak jarang menimbulkan rasa lapar dan haus bagi pengemudi maupun penumpang. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyediakan makanan dan minuman di mobil. Jangan remehkan hal ini, karena bisa saja di perjalanan mudik kamu mengalami kesulitan menemukan orang yang menjual makanan dan minuman. Sekalinya ada, bisa saja harga makanan dan minuman tersebut bisa dijual dengan harga yang lebih mahal dari biasanya.

Untuk minuman, selalu sediakan air mineral selama perjalanan mudik. Salah satu merek air mineral sehat yang bisa kamu pilih adalah Le Minerale yang memiliki kandungan mineral alami yang baik bagi tubuh. Sebagai merek air mineral sehat, Le Minerale memberikan kesegaran khas yang ditandai dengan sedikit rasa manis ketika kamu meneguknya.

Sumber mata air Le Minerale terfilter secara alami di dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Sumber mata air Le Minerale sangat berkualitas, karena mata air yang digunakan memiliki kandungan mineral alami yang memilliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan mineral yang ada di Le Minerale, yakni kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium yang membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Selain itu, ada kandungan bikarbonat (HCO3–) yang juga penting untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi, tak perlu bingung lagi memilih merek air mineral sehat karena ada Le Minerale yang sudah jelas kualitasnya.

Baca Juga : 

12 Manfaat Infused Water Bagi tubuh

12 Manfaat Minum Air Saat Perut Kosong

5 Air mineral Terbaik Untuk Tubuh