gisadmin - 09 Sep 2019

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

Semua orang pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir merupakan bagian tubuh yang tidak memiliki kelenjar minyak dan lapisan ‘kulit’ -nya cenderung tipis, sehingga bagian ini cenderung mudah kering. Ada beberapa penyebab yang membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah, yakni tidak cocok dengan produk lipstik yang salah, mengonsumsi obat-obatan tertentu (lithium – obat-obatan gangguan bipolar, obat anti-jerawat isotretinoin, atau accutane, obat-obatan kemoterapi, retinoid (retin-a, differin), dan suplemen vitamin A), cuaca yang panas maupun dingin, minum terlalu banyak alkohol, merokok, menggigit bibir, kekurangan cairan,  dan kebiasaan menjilat bibir.

Gejala dari bibir kering dan pecah-pecah, yakni bibir mengelupas, bengkak, retak hingga berdarah. Lantas apa saja cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa dilakukan? Yuk simak informasinya berikut ini.

1. Menjaga Kecukupan Air Mineral pada Tubuh

Cara mengatasi bibir kering yang pertama adalah minumlah banyak cairan seperti air mineral. Seperti yang sudah disebutkan salah satu penyebab bibir kering adalah kekurangan cairan. Makanya tubuh perlu mendapatkan cukup air, khususnya air mineral untuk membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh dan membuat bibir menjadi lebih halus dan lembut. Mengapa harus air mineral? Karena air mineral lebih sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh manusia.

2. Pakailah Pelembap Bibir

Kamu bisa menggunakan pelembap bibir yang terbuat  dari Shea Butter. Bahan yang satu ini mampu  menghidrasi, menenangkan kulit bibir, dan mempertahankan kelembapan pada bibir. Shea butter sendiri merupakan getah (lemak) yang berasal dari pohon shea yang biasanya tumbuh di daerah Afrika bagian Barat. Di dalam shea butter sendiri terdapat berbagai kandungan, yakni asam lemak esensial (oleic, stearic, arachidic, palmitic, linoleic), mineral, protein, dan vitamin. Bahan ini juga menjadi antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain sebagai pelembap bibir, geta[U2] h yang berwarna kekuningan ini bisa diandalkan untuk menjadi pelembap tubuh.

Saran tambahan, selain menggunakan pelembap bibir, jika ingin menggunakan lipstik, baiknya pakai lipstik yang memiliki kandungan pelembap untuk menghindari bibir semakin kering.

3. Bernapaslah Melalui Hidung

Jangan biasakan bernapas melalui mulut, karena bisa memicu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Biasanya jika sedang mengalami hidung tersumbat, pengidapnya terbiasa untuk bernapas melalui mulut. Bernapas melalui mulut bisa menyebabkan rongga mulut menjadi kering dan menyebabkan bau mulut, memicu kerusakan gigi dan gusi.

4. Hindari Kebiasaan Merokok

Bibir menjadi bagian tubuh pertama yang mengalami kerusakan akibat merokok. Hal ini disebabkan dari hawa panas dari asap rokok yang memicu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, janganlah merokok bila ingin mendapatkan bibir yang sehat.

Itu tadi cara mengatasi bibir kering yang bisa kamu lakukan. Tidak sulit bukan? Nah, untuk mencegah agar bibir tidak kembali kering dan pecah-pecah, salah satu cara yang bisa dilakukan, yakni rajinlah mengonsumsi air mineral.

Di pasaran ada banyak air mineral yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Le Minerale. Pasalnya, air ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral.

Sumber mata airnya berasal dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Keadaan ini membuat Le Minerale mengandung mineral alami seperti kalsium, magnesium, sodium, dan potasium yang bermanfaat bagi tubuh. Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.


Baca Juga : 

5 Manfaat Air Putih untuk Wanita Haid

12 Manfaat Minum Air Saat Perut Kosong

Khasiat Air Mineral Bagi Ibu Hamil