gisadmin - 21 Aug 2019

Hamil 4 Bulan? Berikut 4 Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Dikonsumsi

Ketika usia kehamilan memasuki usia 4 bulan atau sekitar 17-20 minggu, janin sedang tumbuh dan berkembang untuk melengkapi bentuk anggota-anggota tubuhnya.

Di usia 4 bulan bayi dalam kandungan sudah bisa terlihat bentuk wajah janin apabila di USG menggunakan teknologi 4 dimensi.

Tak hanya itu, syaraf-syaraf sudah  berkembang, sidik jari sudah mulai terbentuk, dan merasakan hati dan ginjal sudah mulai berfungsi. Tulang bayi terus berkembang dan panjang. Bayi juga sudah mulai banyak bergerak, dengan memainkan tali pusat atau ‘menendang’ rahim ibunya.

Di usia hamil 4 bulan, janin biasanya akan memiliki bobot sekitar 140 gram dan berukuran kurang lebih 13 cm. Tempurung kepalanya juga sudah mulai mengeras. Kelenjar keringat pada janin juga mulai berkembang pada tubuhnya. Tali pusat yang menjadi jalan sumber makanan lama kelamaan makin  berkembang dan kuat.

Untuk menjaga kesehatan kandungan di usia 4 bulan, diperlukan makanan yang bergizi. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan sehat yang bisa dikonsumsi ibu hamil 4 bulan.

Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D diperlukan oleh ibu hamil 4 bulan untuk mendukung pertumbuhan tulang. Hati sapi, ikan, jamur, kacang-kacangan dan biji-bijian, telur, susu, dan produk olahan susu termasuk makanan yang banyak mengandung kedua zat ini.

Magnesium

Bukan hanya vitamin D dan kalsium, yang baik untuk pertumbuhan tulang. Mineral yang satu ini juga berperan pada kesehatan tulang. Magnesium memiliki fungsi terhadap pembentukan otot-otot, salah satunya adalah otot rahim. Kamu bisa memperoleh kandungan magnesium dari gandum, kacang, kacang kedelai, melon, dan sayuran berwarna hijau.

Omega 3

Omega 3 sendiri baik untuk tumbuh kembang mata maupun otak bayi dalam kandungan. Selain itu, omega 3 juga mampu meminimalisir terjadinya risiko kelahiran prematur. Kamu bisa mengonsumsi ikan salmon, kacang kedelai, makarel, sarden, sayuran hijau, susu, tahu, dan telur.

Vitamin B6 dan Vitamin B12

Biasanya di usia kandungan 4 bulan ibu hamil sudah tidak lagi mengalami mual. Namun jika masih mengalaminya, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6, karena dipercaya bisa meminimalisir mual.  Ibu yang sedang hamil 4 bulan, bisa mengonsumsi makanan seperti alpukat, ayam tanpa kulit, beras merah, daging sapi, gandum, ikan, jagung, kacang, dan pisang.

Sementara untuk vitamin B12 sangat berperan pada saraf. Jika seseorang kekurangan vitamin B12 bisa memicu kerusakan saraf dan anemia. Makanan seperti daging sapi tanpa lemak, kacang kedelai, unggas, telur, susu, dan yogurt, dan dipercaya mengandung banyak vitamin B12.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memasak Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Dalam mengolah masakan untuk ibu hamil baik ibu hamil 4 bulan maupun tidak, harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  1. Sebelum memasak makanan, sayuran harus dibersihkan terlebih dulu. Kemudian jangan sampai lupa untuk memotong sayuran untuk membuatnya menjadi potongan yang kecil-kecil
  2. Dalam menyajikan makanan untuk ibu hamil, harus dimasak sampai benar-benar matang sepenuhnya agar menghilangkan bakteri yang ada pada makanan tersebut
  3. Dalam mengolah makanan sebenarnya, yang paling baik adalah dikukus dibandingkan direbus

Selain mengonsumsi makanan sehat di atas, jangan sampai lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak mengonsumsi air mineral. Untuk ibu hamil baiknya konsumsi 3 liter air per hari yang merupakan gabungan antara air mineral kurang lebih 2,3 liter dan sisanya bersumber dari makanan yang mengandung banyak air, seperti buah dan sayur.

Namun, kebutuhan cairan tiap ibu hamil bisa berbeda karena ada pengaruh beberapa faktor-faktor seperti kelembapan udara, olahraga, suhu, dan tingkat aktivitas.

Misalnya, ibu hamil yang aktif dan rutin melakukan olahraga biasanya memerlukan asupan cairan lebih banyak. Begitu pula dengan ibu hamil yang tinggal di lingkungan lembap dan panas atau di dataran tinggi.

Untuk air mineral yang dikonsumsi, pilihlah air yang berkualitas. Ibu bisa memilih air mineral dalam kemasan seperti Le Minerale. Sumber mata air Le Minerale diambil langsung dari sumber pegunungan terpilih yang memiliki kandungan mineral alami seperti magnesium, kalsium, potasium, dan sodium.

Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Air mineral Le Minerale sangat berkualitas, karena memiliki kandungan mineral alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan mineral yang ada di Le Minerale, yakni Kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf. Le Minerale juga mengandung bikarbonat (HCO3–) yang juga penting untuk menjaga  keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.  Selain itu, Le Minerale dikemas khusus sehingga menghasilkan botol yang keras sebelum dibuka dan aman dari pemalsuan.

Baca Juga :