gisadmin - 05 Mar 2019

5 Gerakan Olahraga Yoga yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Olahraga yoga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melepas stres, tapi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Simak 5 gerakan dari olahraga yoga berikut.

Olahraga yoga ternyata tidak hanya bermanfaat untuk melepas stres. Faktanya, gerakan tubuh ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hasilnya, kombinasi dari makan makanan sehat serta yoga yang teratur akan menghasilkan tubuh yang ideal.

Lantas, apa saja gerakan olahraga yoga yang bisa membantu menurunkan berat badan? Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini:

Gerakan Paschimottanasana

Salah satu gerakan yang dapat kamu coba yakni gerakan Paschimottanasana. Duduklah terlebih dahulu dengan posisi tegak dengan kaki lurus ke depan. Ambil nafas dan turunkan badan ke depan untuk meraih ujung jari kaki. Secara perlahan, turunkan badan bagian atas hingga kamu dapat mencium lutut.

Pastikan lutut tidak menekuk. Lakukan kegiatan ini selama 30-60 detik secara berulang-ulang setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Pose Pohon

Adapun gerakan yoga yang bisa dilakukan dengan mudah adalah pose pohon. Selain untuk membantu menurunkan berat badan secara efektif, pose pohon dapat membantu pikiran melepaskan stres. Pikiran-pikiran seperti ketakutan akan berat badan berlebih dapat dikurangi sehingga bisa membuat kamu tampil percaya diri. Sebelum melakukan aktivitas ini, pastikan agar perut kosong terlebih dahulu.

Gerakan Chaturanga

Selain itu, ada juga gerakan Chaturanga yang menyerupai olahraga push up. Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari gerakan ini seperti mengencangkan otot-otot bahu, lengan, dan punggung, serta mengecilkan perut dan membakar lemak.

Melakukan gerakan Chaturanga cukup dimulai dengan memposisikan tubuh seperti saat push up. Ketika tubuh telah tegak lurus dari tumit hingga kepala, turunkan badan hingga lengan membentuk siku-siku. Pertahankan posisi seperti ini selama 30-60 detik dan lakukan secara berulang setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Pose Busur

Gerakan Dhanurasana disebut juga sebagai pose busur karena posisi tubuh yang melengkung kencang seperti sebuah busur. Pose ini bermanfaat untuk menekan bagian dada, perut, panggul, serta paha secara optimal. Apabila gerakan ini dilakukan dengan rutin, maka akan membantu membakar lemak di seluruh bagian tubuh.

Gerakan Kupu-kupu

Terakhir, pose yoga yang populer dilakukan adalah gerakan kupu-kupu. Lemak menumpuk di bagian perut dan paha bisa dihilangkan secara perlahan dengan melakukan gerakan kupu-kupu. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk duduk tegak selama 5-10 menit setiap harinya.

Nah, itu tadi beberapa gerakan yoga yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah untuk mendapatkan berat badan ideal. Sebelum dan sesudah berolahraga, selalu pastikan dirimu mendapatkan air minum yang cukup berupa air mineral Le Minerale.

Pasalnya, Le Minerale mampu menjaga berat badan agar tetap ideal selama dikonsumsi secara rutin. Belum lagi kandungan beragam jenis mineral alami, yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Tidak hanya itu, air mineral ini juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Air minum pegunungan ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta bebatuan yang kaya akan mineral.

Komitmen Le Minerale dengan menghasilkan air mineral alami berkualitas ini sejalan dengan program yang digagas bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Program tersebut bernama Gerakan Indonesia Sehat (GIS) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.

Ada tiga pilar penting yang diusung GIS sebagai sebuah kampanye, yakni move right, eat right dan drink right. Jadi, pastikan kamu menerapkan pola hidup yang sehat yang tepat, ya!