gisadmin - 10 Sep 2019

Selain Kacang Kedelai, Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol yang Bagus Dikonsumsi

Salah satu penyebab kolesterol meningkat, karena penerapan gaya hidup yang kurang baik. Nah, untuk mengubahnya tentu saja kamu bisa memulai dengan memilih makanan yang tepat.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat kolesterol naik (low-density lipoproteins/LDL), di antaranya makanan yang digoreng, daging merah, es krim, kulit ayam, kuning telur, mentega, keju, kue kering, lemak hewani, lobster, dan santan. Untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, sebaiknya ketahui terlebih dahulu 5 makanan penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi setiap harinya. Apa saja? 

1. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Kebanyakan orang mengetahui jika bawang putih sering dimanfaatkan sebagai bahan bumbu masakan dan obat-obatan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, bukan hanya itu. Ternyata bawang putih memiliki manfaat untuk membantu tubuh melawan infeksi, mencegah sumbatan pembuluh darah, menurunkan kolesterol, dan mengurangi tekanan darah. Hal ini dikarenakan bumbu yang satu ini mampu menghindari terjadinya plak di arteri.

Bawang bombay juga menjadi makanan penurun kolesterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL berkat kandungan flavonoid yang dikenal sebagai quercetin. Jenis flavonoid mampu bertugas sebagai antioksidan yang bisa menghindari kolesterol menutup arteri.

2. Oat

Sering menjadikan oat sebagai sarapan pagi? Ternyata oat bisa menjadi makanan penurun kolesterol yang mampu mengikat kolesterol di dalam usus dan menghindari kolesterol terserap oleh tubuh. Peran tersebut berasal dari kandungan serat yang ada pada oat. Saat sarapan campurkan dengan buah seperti pisang agar lebih nikmat.

3. Ikan

Salah satu jenis ikan yang menjadi makanan penurun kolesterol adalah tongkol, tuna, salmon, dan sarden karena adanya asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan risiko terbentuknya bekuan darah, meningkatkan kadar lemak baik, menurunkan trigliserida (salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah dan sebagian dihasilkan oleh organ hati dan sebagiannya lagi berasal dari makanan, seperti daging, keju, mentega, minyak goreng, nasi, susu), dan menurunkan lemak jahat. Baiknya konsumsi minimal dua porsi ikan dalam seminggu.

4. Kacang-kacangan

Salah satu manfaat kacang adalah bisa mengurangi kolesterol dalam darah. Hal ini karena adanya kandungan kalium, lemak tak jenuh, magnesium, protein, serat, dan vitamin E. Selain itu, terdapat kandungan fitosterol yang bisa menghalangi kolesterol jahat terserap dalam darah. Kacang yang disarankan, yakni kacang almond dan kacang kenari.

5. Sayuran Hijau dan Buah

Sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung, termasuk makanan penurun kolesterol yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Ini berkat kandungan antioksidan yang bisa mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga bisa menghindari penumpukan kolesterol dalam darah. Selain itu makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi sehari-hari adalah buah yang memiliki kandungan serat seperti anggur, alpukat, apel, pir, stroberi yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol.

 Konsumsi Air Mineral

Selain mengonsumsi makanan penurun kolesterol di atas, jangan sampai lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air mineral minimal 600 ml   air satu jam sebelum makan. Kebiasaan ini bila dilakukan secara terus menerus bisa membantu menurunkan kolesterol, karena bisa membantu kamu lebih sedikit mengonsumsi makanan dan lebih memilih makanan yang kolesterolnya rendah.

Salah satu air mineral yang bisa dipilih, yakni Le Minerale. Airnya diambil langsung dari sumber pegunungan terpilih sehingga mengandung mineral alami yakni Kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Ada juga bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Sumber mata air pilihan Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System (MPS) tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Itulah daftar makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Semoga membantu kamu ya untuk bisa memiliki kadar kolesterol yang normal (kurang dari 170 mg/dl. Sementara kolesterol dikatakan  tinggi jika mencapai 200 mg/dl atau lebih) sehingga tubuh senantiasa sehat. 

Baca Juga :

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru