gisadmin - 27 Sep 2019

5 Makanan Tinggi Serat yang Wajib Kamu Konsumsi Setiap Harinya

Masih bingung memilih makanan tinggi serat untuk dikonsumsi setiap harinya? Yuk, ketahui terlebih dahulu pilihannya berikut ini!

Sudah bukan rahasia umum lagi, kalau makanan berserat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Selain baik dikonsumsi untuk Leminz yang sedang menjalankan diet, makanan tinggi serat sangat baik dikonsumsi karena mampu menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu, menurut Mayo Clinic, makanan tinggi serat pun juga mampu membantu mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung serta diabetes.

Lalu, apa saja makanan tinggi serat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari? Yuk, ketahui ulasan berikut ini agar Leminz tidak salah pilih.

1. Apel

Ada sebuah pepatah yang mengatakan "an apple a day, keeps a doctor away". Nah, Leminz jika rutin konsumsi apel tentunya mampu membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, buah apel juga mampu mencegah penyakit Alzheimer, tapi tak hanya itu saja. Buah apel pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Mulai dari menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, serta mampu menetralisir kadar gula darah dalam tubuh.

2. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini sudah terkenal akan khasiatnya yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Leminz, perlu diketahui juga 100 gram brokoli terdapat 2,6 gram serat di dalamnya. Selain itu, brokoli juga memiliki banyak manfaat dan sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Karena, makanan tinggi serat ini merupakan sayuran tanpa lemak yang rendah sodium serta kalori dan vitamin c yang bagus untuk tubuh manusia.

3. Kacang-kacangan

Jika sebelumnya sudah ada buah & sayur, kini saatnya kamu konsumsi kacang-kacangan. Siapa sangka, kalau ternyata kacang-kacangan pun termasuk ke dalam makanan tinggi serat yang bagus untuk tubuh manusia. Tapi jangan sampai salah pilih, ada dua kacang-kacangan yang memiliki serat paling tinggi dan bagus untuk dikonsumsi, kacang merah, edamame dan almond. Leminz, kamu harus tahu kalau ternyata 100 gram kacang merah memiliki serat yang cukup tinggi, yakni sekitar 7 gram serat. Sedangkan untuk almond, per 23 kacangnya mengandung 3,5 gram serat, dan untuk edamame sendiri mengandung protein, vitamin K, thiamin, dan riboflavin yang baik untuk tubuh.

4. Oat & Beras Merah

Makanan tinggi serat lainnya yang bisa diketahui adalah Oat dan beras merah. Tak perlu diragukan lagi, kalau oat dan beras merah ini suka dijadikan pilihan oleh kebanyakan orang yang sedang menjalani program diet. Selain bentuknya yang padat, oat dan beras merah pun mampu membuat Leminz kenyang, karena serat yang terkandung di dalamnya. Jadi, kamu lebih suka yang mana?

5. Quinoa

Mungkin, makanan tinggi serat yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang. Pasalnya, belum banyak yang mengonsumsi Quinoa di Indonesia. Biasanya, kebanyakan dari mereka yang mengonsumsinya sedang menjalankan program diet atau menyukai makanan sehat. Selain memiliki sifat gluten-free, quinoa juga memiliki zat quercetin dan kaempferol. Kedua zat ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, karena mampu mencegah berbagai virus yang menyerang tubuh kita, lho.

Leminz, itu dia 5 makanan tinggi serat yang sebaiknya kamu konsumsi agar memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar. Tapi, jangan lupa juga untuk diimbangi dengan konsumsi air mineral yang rutin setiap harinya untuk membantu proses pencernaan agar lebih lancar. Salah satu air mineral yang bisa dipilih, yakni Le Minerale. Mengapa harus Le Minerale? Karena airnya diambil langsung dari sumber pegunungan terpilih sehingga mengandung mineral alami yakni Kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit.

Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Ada juga bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Sumber mata air pilihan Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System (MPS) tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Itulah daftar makanan penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Semoga membantu kamu ya untuk bisa memiliki kadar kolesterol yang normal (kurang dari 170 mg/dl. Sementara kolesterol dikatakan  tinggi jika mencapai 200 mg/dl atau lebih) sehingga tubuh senantiasa sehat.

 Baca Juga :

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru