gisadmin - 10 Sep 2019

5 Manfaat Berjalan Kaki di Pagi Hari Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Malas melakukan olahraga yang terlalu berat dan menguras kantong? Pilih saja olahraga jalan kaki.

Jalan kaki memang menjadi salah satu olahraga yang mudah dan murah untuk dilakukan. Namun, jangan remehkan manfaatnya ya. Manfaat jalan kaki bagi kesehatan bisa kamu rasakan bila dilakukan secara rutin. Berikut ini 5 manfaat jalan kaki yang bisa dirasakan.

1. Mengurangi Berat Badan

Kamu mau menurunkan berat badan? Salah satu cara yang bisa ditiru, yakni dengan melakukan aktivitas olahraga ringan ini. Alasannya, dengan berjalan kaki bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori dalam bentuk lemak.  Namun bukan sembarang jalan kaki, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Sangat disarankan, dalam 30 detik awal sebaiknya kamu berjalanlah dengan kecepatan normal dimana masih bisa ngobrol, lalu kemudian berjalan lebih cepat selama satu menit. Lakukan keduanya secara bergantian ya. Kamu juga bisa membuat olahraga jalan kaki ini tidak monoton. Misalnya kamu menjadwalkan pada hari senin untuk berjalan kaki menanjak dan Selasa untuk brisk walking (jenis latihan dengan berjalan kaki lebih cepat, tapi tidak secepat berlari) begitu seterusnya.

2. Alas Kaki untuk Olahraga Jalan Kaki

Pakailah alas kaki yang sesuai ukuran agar bisa membantu meminimalisir risiko cedera seperti lecet atau terluka dan meredam beban yang dikenakan pada kaki saat berjalan. Alas kaki untuk berjalan berupa sepatu yang memiliki lengkungan kaki (arch), bagian tumit yang kuat untuk menopang tumit, dan sol yang tebal karena lebih fleksibel dan lentur.

3. Pilih Rute Jalan yang Nyaman dan Aman

Saat melakukan olahraga berjalan kaki, sebaiknya pilih area yang nyaman, aman, dan jalan mulus. Tetaplah berhati-hati dengan memperhatikan jalanan agar tidak cedera atau terluka. Janganlah melewati jalanan tidak rata, berlubang, tempat yang terlalu ramai, dan cuaca yang kurang baik.

4. Mengurangi Terkena Demensia

Salah satu manfaat jalan kaki adalah mampu memperlancar aliran darah ke otak dan menurunkan kamu terkena risiko penyakit pembuluh darah. Selain itu, berjalan kaki secara teratur bisa membantu menjaga fungsi otak ketika usia lanjut dan mengurangi risiko terkena demensia (sindrom penurunan kemampuan fungsi otak yang bisa menurunkan kecerdasan mental, kemampuan berpikir, daya ingat, kemudahan memahami sesuatu, dan memahami bahasa.  Biasanya sindrom dialami orang lansia diatas 65 tahun.

5. Menjauhkan Gejala Varises

Varises merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah vena yang kebanyakan terjadi di daerah betis dan kaki. Perempuan cenderung lebih sering mengalami varises daripada pria. Namun yang perlu diingat adanya pertumbuhan usia kemungkinan mengalami varises bisa saja terjadi. Nah, untuk menghindarkan risiko varises, sebaiknya biasakan diri untuk berjalan 30 menit. Dengan berjalan kaki rutin membantu membuat sistem peredaran darah menjadi lebih kuat dan menjaga otot kaki lebih sehat.

6. Menjauhkan dari Masalah Tulang

Manfaat jalan kaki selanjutnya adalah baik untuk kesehatan tulang dan otot, bahkan menjauhkan seseorang dari osteoporosis. Kondisi ini dikarenakan oleh tulang yang lama-kelamaan menipis sehingga memicu tulang mudah patah, mudah rapuh, dan keropos. Dengan menjadikan berjalan kaki sebagai olahraga rutin, akan membantu  menghindari  beberapa penyakit terkait penuaan seperti bengkak, sendi nyeri, dan kaku.

Itulah manfaat jalan kaki yang perlu diketahui. Lakukanlah minimal selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam seminggu. Selain itu, imbangi juga dengan pola makan sehat.

Selain mengetahui apa saja manfaat jalan kaki di atas, dalam melakukan olahraga berjalan ada hal yang perlu diperhatikan. Meski terlihat mudah, olahraga ini juga perlu dilakukan dengan baik agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

7. Meminimalisir Terserang Penyakit Kronis 

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang pertama adalah membantu seseorang untuk terhindar dari tekanan darah tinggi, penyakit diabetes melitus, dan penyakit jantung. Alasannya dengan berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari bisa menurunkan tekanan darah dan memicu otot untuk bekerja lebih aktif sehingga kemampuan tubuh untuk menyerap glukosa cenderung meningkat. Selain itu, jalan kaki juga bisa meningkatkan denyut jantung, memperkuat jantung, dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

8. Minumlah Air Mineral Sebelum dan Sesudah Berjalan

Pastikan sebelum dan sesudah berjalan kaki kamu mencukupi kebutuhan cairan agar tidak mudah lelah, lebih segar dan bisa menjalankan aktivitas dengan baik.  Sebaiknya minumlah air mineral yang berkualitas dan memiliki mineral alami, salah satunya adalah Le Minerale. Le Minerale memiliki kandungan mineral alami, seperti kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh.

Selain itu, Le Minerale juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Proses pengemasannya menggunakan sistem pengamanan ganda sehingga membuat mineral nya tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).