gisadmin - 10 Sep 2019

5 Penyebab Bau Mulut yang Perlu Kamu Ketahui dan Cara Menghilangkannya

Salah satu masalah kesehatan yang sangat mengganggu aktivitas adalah bau mulut.

 Jika seseorang mengalami masalah ini tentu sangat berpengaruh pada interaksinya saat bersama dengan orang lain. Ada beberapa penyebab bau mulut yang sebaiknya kamu ketahui dan juga cara mengatasinya berikut ini.

5 Penyebab Bau Mulut 

1. Mengonsumsi Makanan dan Obat-obatan Tertentu

Penyebab bau mulut yang pertama adalah karena mengonsumsi makanan tertentu. Memang ada beberapa makanan tertentu yang bisa memicu aroma kurang sedap pada mulut seperti rempah-rempah, bawang putih, bawang bombay yang sangat mengganggu kesegaran napas seseorang. Selain itu, ada beberapa obat-obatan yang bisa menimbulkan bau mulut karena pengaruh lepasnya zat kimia dari obat-obatan yang dikonsumsi.

2. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok juga menjadi penyebab bau mulut. Alasannya, Di dalam mulut manusia, terdapat banyak sekali bakteri, baik maupun jahat yang bisa merusak rongga mulut.

Salah satu bakteri baik di mulut yakni Lactobacillales yang bekerja secara terus menerus untuk menghasilkan protein yang mampu menahan perkembangan bakteri jahat. Ketika kamu sering mengonsumsi alkohol, minuman ini justru melemahkan bakteri baik seperti Lactobacillales sehingga produksinya semakin sedikit dan malah memicu munculnya jenis bakteri jahat seperti Actinomyces, Cardiobacterium, Leptotrichia, dan Neisseria dan memicu bau mulut. Sementara di dalam rokok sendiri ada nikotin yang memiliki kandungan kimiawi sehingga mendorong munculnya bau mulut dan plak.

3. Tidak Membiasakan Diri untuk Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Kamu terbiasa malas membersihkan gigi dan mulut saat malam hari? Jangan kamu ulangi lagi ya. Kebiasaan buruk ini bakal memicu bakteri bersarang di mulut kamu dan lama kelamaan memicu plak gigi yang tidak hilang akan menyebabkan iritasi gusi dan mengalami kelainan masalah mulut, salah satunya bau mulut.

4. Bakteri yang Ada pada Lidah

Saat membersihkan rongga mulut, bukan hanya gigi saja yang perlu dibersihkan. Lidah pun perlu dijaga kebersihannya. Pasalnya, penyebab bau mulut juga bisa disebabkan karena lidah yang kotor. Bila lidah tidak dibersihkan, maka memicu bakteri menumpuk dan bisa mendorong munculnya bau mulut.

5. Adanya Masalah Kesehatan

Penyebab bau mulut lainnya adalah adanya masalah-masalah di beberapa bagian tubuh seperti gigi berlubang, sariawan, infeksi di dalam mulut, penumpukan plak, gangguan saluran pencernaan (sakit maag dan penyakit asam lambung), sinusitis yang menghasilkan aliran cairan kental yang berasal dari rongga sinus menuju tenggorokan. Selain itu, adanya penyakit seperti gangguan hati, infeksi saluran pernapasan, diabetes, atau bedah mulut. Kondisi-kondisi di atas bisa memicu mulut memiliki aroma yang tidak sedap.

4 Cara Menghilangkan Bau Mulut

Jika kamu merasa sudah menjaga kebersihan mulut dan gigi namun masih saja bau mulut tidak hilang, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini:

1. Tidak mengonsumsi Alkohol dan Tidak Merokok

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika salah satu penyebab bau mulut adalah akibat dari kebiasaan  mengonsumsi alkohol dan merokok, maka kamu harus menghindarkan keduanya.

2. Menggunakan Obat Kumur dan Membersihkan Lidah untuk Perlindungan Ekstra

Kamu bisa menghilangkan bau mulut dengan memakai obat kumur setelah menyikat gigi. Obat kumur sendiri bukan hanya bisa membasmi bau yang kurang sedap tapi akan membantu memaksimalkan perlindungan pada rongga mulut karena membantu menghilangkan bakteri yang masih tersisa. Ditambah lagi akan membuat napas kamu kembali menjadi lebih segar.

Kamu juga perlu secara rutin membersihkan lidah karena bagian ini bisa menjadi tempat bakteri penyebab bau mulut berkumpul. Gunakanlah pembersih lidah khusus yang bisa diperoleh di minimarket atau pusat perbelanjaan agar bersih maksimal.

3. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi buah dan sayur tertentu, atau permen membantu menghilangkan bau mulut juga. Buah atau sayuran penghilang bau seperti peterseli, kulit jeruk, dan lemon dipercaya bisa meminimalisir bau yang kurang sedap di mulut. Kulit jeruk dan lemon sendiri bisa merangsang keluarnya air liur di mulut. Air liur sendiri berperan untuk menghilangkan bau di mulut.

Sementara permen atau permen karet juga bisa diandalkan untuk membantu menghilangkan bau mulut. Cara ini bisa kamu praktikan disaat sedang dalam kondisi yang terburu-buru dan tidak memiliki waktu untuk membersihkan rongga mulut.

4. Perlu Asupan Air Mineral yang Cukup

Terakhir, cara menghilangkan bau mulut, yakni dengan mengonsumsi air minum yang cukup. Ternyata bila tubuh kekurangan cairan bukan hanya bisa membuat mulut kering tapi juga berbau. Sementara jika tubuh mendapatkan cukup air mineral akan membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut dan menjaga kelembapan mulut.

Sebaiknya, kamu perlu juga mengonsumsi air mineral yang banyak setelah makan agar membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang ada pada mulut.

Perhatikan air mineral yang kamu konsumsi. Pilihlah yang memang berkualitas. Kamu bisa mengonsumsi Le Minerale yang airnya diambil langsung dari sumber pegunungan terpilih sehingga mengandung mineral alami yakni Kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Terdapat pula kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Sumber mata air pilihan Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System (MPS) tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Le Minerale dikemas khusus sehingga menghasilkan botol yang keras sebelum dibuka dan aman dari pemalsuan. 


Baca Juga :

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru