gisadmin - 07 Nov 2019

5 Pilihan Makanan Sumber Karbohidrat yang Bisa Kamu Konsumsi

Karbohidrat menjadi nutrisi harian yang dibutuhkan bagi tubuh kamu untuk beraktivitas sehari-hari.

Selain memberikan energi, ternyata karbohidrat memiliki manfaat lain untuk tubuh kamu yaitu menjaga massa otot, meningkatkan kesehatan jantung, hingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, karbohidrat juga bisa mengatur berat badan kamu.

Pasalnya, jika kamu mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan, berat badan kamu akan meningkat, tetapi tidak semua karbohidrat buruk untuk berat badan kamu karena ada sumber karbohidrat yang memiliki serat tinggi. Sumber karbohidrat ini akan menjaga atau menurunkan berat badan kamu karena memiliki kandungan serat tinggi membuat kamu kenyang lebih lama. Ada beberapa pilihan makanan sumber karbohidrat selain nasi yang bisa kamu pilih, seperti:

1. Beras Merah

Selain nasi yang terbuat dari beras putih, kamu juga bisa mengganti sumber karbohidrat harian kamu dengan beras merah. Nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi yang akan membuat kamu kenyang lebih lama. Selain itu, nasi merah juga memiliki kandungan gula yang rendah dan serat tinggi cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

2. Kentang

Sumber karbohidrat pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi adalah kentang. Sebagian masakan di Indonesia menjadikan kentang sebagai lauk, padahal kentang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kentang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan karena kentang memiliki pati resisten (pati yang tidak dicerna) yang akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Terlebih, kentang juga memiliki kandungan vitamin C dan kalium yang baik untuk tubuh.

3. Pasta Gandum

Sumber karbohidrat yang bisa Leminz konsumsi berikutnya datang dari makanan khas italia yaitu pasta. Namun, pasta yang digunakan terbuat dari gandum yang memiliki banyak kandungan serat tinggi. Serat yang terdapat pada pasta gandum memiliki kandungan tiga kali lebih banyak daripada pasta putih pada umumnya.

Pasta gandum cocok digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi bagi kamu yang sedang diet karena akan membuat kamu kenyang lebih lama.

4. Oatmeal

Selain 3 makanan di atas, oatmeal juga bisa digunakan sebagai makanan sumber karbohidrat, lho Leminz. Oatmeal bisa menjadi menu makanan buat kamu yang sedang diet karena memiliki serat yang tinggi. Kandungan serat dalam oatmeal akan membuat kamu kenyang lebih lama, mengontrol gula darah serta menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kamu juga bisa menambahkan pisang sebagai pengganti gula untuk memberikan rasa manis dalam makanan oatmeal.

5. Quinoa

Salah satu sumber karbohidrat yang tidak banyak orang tahu adalah Quinoa. Quinoa adalah sejenis makanan yang terbuat dari biji-bijian. Quinoa memiliki kandungan serat dan mengandung protein yang tinggi. Makanan ini bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat untuk kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

Leminz, itulah 5 makanan sumber karbohidrat yang bisa kamu konsumsi sebagai pengganti nasi. Sumber karbohidrat yang memiliki tinggi serat terbukti bagus untuk menurunkan berat badan kamu. Bukan hanya memperhatikan sumber karbohidrat yang kamu konsumsi setiap hari, tapi perlu juga dengan memperhatikan asupan lain, salah satunya adalah asupan air mineral.

Salah satu dampak dari kurangnya air mineral dalam tubuh adalah terganggunya proses pencernaan. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan asal mengonsumsi air mineral. Salah satu air mineral yang bisa dipilih, yakni Le Minerale. Mengapa harus Le Minerale? Karena airnya diambil langsung dari sumber pegunungan terpilih sehingga mengandung mineral alami yakni Kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit.

Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Sumber mata air pilihan Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System (MPS) tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.