gisadmin - 05 Mar 2019

5 Tips Mengatasi Gangguan Pencernaan yang Harus Diketahui

Masalah pada pencernaan adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh setiap orang. Berikut adalah 5 tips dalam mengatasi gangguan pada pencernaan.

Masalah pada pencernaan adalah salah satu gangguan kesehatan yang kerap kali dialami oleh setiap orang dari berbagai usia. Ada beberapa hal yang sering menjadi pemicu terjadinya gangguan ini, yakni antara lain sensitivitas pada makanan tertentu, berkembangnya bakteri pada usus kecil, dan masih banyak lagi.

Gangguan pencernaan ditandai dengan muncul beberapa gejala seperti rasa sakit atau panas di perut bagian atas, merasa kenyang saat makan, serta perasaan kenyang yang tidak nyaman setelah makan. Lantas, apa saja tips yang harus diketahui untuk mengatasi gangguan pencernaan ini? Cek 5 tipsnya di bawah ini:

1. Hindari Berbaring Setelah Makan

Ketika mengalami masalah pada pencernaan di saat atau setelah makan, hindari untuk berbaring. Pasalnya, aktivitas ini justru akan memperparah gangguan pencernaan. Biarkan gravitasi melakukan pekerjaannya dengan cara menarik isi perut ke bawah. Hal ini akan membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik seusai makan.

2. Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara sepele yang dapat dilakukan saat masalah pada pencernaan melanda adalah dengan mengunyah permen karet. Hal ini disebabkan oleh kemampuan permen karet untuk menghasilkan lebih banyak air liur sehingga berdampak pada membaiknya sistem pencernaan.

3. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok bisa memicu beragam masalah kesehatan pada tubuh seseorang. Hal ini pun menaruh peran pada terganggunya sistem pencernaan. Adanya berbagai jenis bahan kimia berbahaya yang dihirup akan memengaruhi katup otot di pencernaan yang berfungsi untuk mencegah asam lambung meningkat menjadi tidak optimal dalam bekerja. Hasilnya, gangguan pencernaan pun tak terhindarkan.

4. Kelola Stres dengan Baik

Tips lainnya yang bisa dilakukan untuk menghindari gangguan pencernaan yakni dengan mengelola stres dengan baik. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jika sistem pencernaan dan otak terhubung. Ketika otak dan pikiran sedang stres, maka akan meningkatkan asam lambung yang berujung pada masalah pencernaan.

Olehnya itu, sebelum sistem pencernaan bermasalah akan lebih baik jika kita menghindari stres. Beragam cara dapat dilakukan seperti liburan dan menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang.

5. Perbanyak Air Mineral

Terakhir, dengan memperbanyak konsumsi air mineral, gangguan pencernaan akan lebih mudah diatasi. Tidak hanya itu, konsumsi air minum jenis ini dapat membuat sistem pencernaan bekerja lebih optimal. Salah satu air mineral yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air yang mengandung mineral alami yakni Le Minerale.

Pasalnya, air minum pegunungan ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Kandungan air mineral Le Minerale yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Bukan hanya itu, Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Setiap kemasan Le Minerale memiliki seal cap dengan botol yang keras sebelum dibuka.

Baca Juga : 

7 Ciri Air Minum Berkualitas

12 Manfaat Minum Air Saat Perut Kosong

5 Air mineral Terbaik Untuk Tubuh