gisadmin - 21 Aug 2019

5 Wisata Kuliner Legendary Hits di Jakarta yang Wajib Kamu Cicipi!

Merupakan ibu kota dari Indonesia, Jakarta tidak hanya menyimpan sejarah pembangunannya tapi juga dari sisi kulinernya. Terdapat banyak tempat wisata kuliner legendaris di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Berikut 5 wisata kuliner legendari hits di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, sahabat maupun pasangan. Yuk, simak ulasannya!

1. Bakmi Gang Kelinci

Wisata kuliner yang satu ini sudah ada sejak tahun 1957 yang lalu, dan juga mengalami berbagai transformasi. Hingga kini, Bakmi Gang Kelinci sudah memiliki 11 cabang di Jakarta dan sekitarnya, seperti Bintaro Plaza, Blok M Square, ITC Bumi Serpong Damai (BSD), Mal Ciputra (Citraland), PRJ Kemayoran Gambir Expo.? Menu bakmi andalannya, yakni Bakmi Ayam Lebar dan Bakmi Ayam Cah Jamur. Selain bakmi ada menu lain seperti Cah Ayam, Nasi Goreng Spesial, Nasi Capcay Porsi Mini, pangsit goreng siram, dan I Fu Mie. Jadi, mana yang mau kamu cicipi duluan, nih?

2. Bubur Ayam Barito dan Bubur Ayam Cikini

Kamu pencinta bubur ayam? Sebenarnya tidak sulit mencari makanan ini di Jakarta, namun dari sekian banyak bubur ayam yang ada, Bubur Ayam Barito dan Bubur Ayam Cikini bisa jadi rekomendasi dan terbilang cukup digemari oleh warga Jakarta dan sekitarnya sejak lama.

Bubur ayam Barito memiliki tekstur yang lembut, selain itu terdapat juga tambahan telur yang bisa langsung kamu campurkan ke dalam semangkuk bubur, cakwe, dan cheese stick. Kamu juga bisa menambah sate ampela, hati, usus, dan lain-lain untuk menambah kenikmatan bubur ayam Barito.

Selain itu, ada Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman. Salah satu menu andalannya adalah memesan Bubur Ayam Telur, di mana terdapat telur ayam kampung mentah yang dimasukkan di tengah-tengah bubur panas sehingga membuat telur menjadi setengah matang.

Jangan takut akan muncul rasa amis, karena bubur ini juga memiliki aroma khas, yakni jahe sehingga bisa membuat tenggorokan terasa hangat. Untuk ukuran porsi, Bubur Cikini H. R. Sulaiman disajikan dalam porsi yang besar. Awalnya, tempat bubur ini hanya buka malam hari. Namun, saat ini kamu bisa menikmati bubur Cikini di pagi hari. Alamatnya terletak di jalan Cisadane no.121 RT.9/RW.4, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

3. Gado-gado Bon Bin

Di Cikini juga ada tempat wisata kuliner legendaris gado-gado. Nama Gado-gado Bon Bin, kepanjangan dari kebun binatang. Jadi, dulu daerah Cikini sempat memiliki kebun binatang pertama di Jakarta, tepatnya di tahun 1864. Tahun 1946, lokasi taman wisata ini berganti menjadi Kebun Binatang Cikini. Di tahun 1960, kebun binatang tersebut direlokasi ke daerah Ragunan, Pasar Minggu.

Yang membedakan gado-gado Bon Bin dengan gado-gado lain, adalah disajikan dengan bumbu kacang yang disiram di atas sayuran. Gado-gado Bon Bin terdiri dari tahu goreng, potongan lontong, setengah butir telur rebus, kentang goreng, sayuran yang direbus (bayam, kacang panjang, kol, dan tauge), siraman bumbu kacang, dan dilengkapi bawang goreng yang ditabur. Gado-gado Bon Bin terletak di Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng Jakarta Pusat.

4. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Wisata kuliner legendaris di Jakarta yang satu ini sudah ada sejak tahun 1958. Rasa gurih yang ada pada makanan ini berasal dari olahan rempah-rempah yang ditambah dengan minyak samin. Kuliner yang satu ini dipelopori oleh Almarhum Haji Nein.

Potongan dadu daging kambing juga menambah kenikmatan tersendiri. Sebagai pelengkap ada pula emping dan acar. Menu lain yang ada di sini, di antaranya satai ayam, sate kambing,  dan sate hati kambing. Jika ingin mencicipi nasi goreng kambing yang terletak di jalan Kebon Sirih Barat I Dalam I No.9, RT.1/RW.1, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat ini kamu bisa datang pada pukul 17:00 – 02:00.

5. Soto Betawi H. Ma’ruf

Posisinya ada di Taman Ismail Marzuki, tepatnya berada di Jalan Cikini Raya No 73. Soto Betawi H. Ma’ruf sudah ada sejak 1940. Pembuatnya adalah Haji Ma’ruf bin Said. Beliau sudah meracik rempah-rempah sejak masih zaman Hindia Belanda. Saking terkenalnya soto betawi H. Ma’Ruf sudah pernah dikunjungi oleh para pejabat Indonesia seperti keluarga Cendana, Gus Dur, Megawati, maupun Jokowi dan Jusuf Kalla. Tempat wisata kuliner ini memiliki menu popular selain soto betawi-nya seperti laksa Betawi dan sate Betawi. Jam operasionalnya termasuk panjang, yakni 09.00 -23.00.

Ingin cepat-cepat berkunjung dan mencicipi tempat wisata kuliner di atas? Ajak kerabat atau orang terdekatmu untuk menikmati kelezatan makanan-makanan di atas sambil mempelajari sejarahnya.

Perlu diingat saat mengonsumsi makanan-makanan di atas, menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung kalori seperti minuman bersoda, minuman manis, dan jus. Baiknya, konsumsi lah  air mineral karena tidak mengandung kalori dan lebih sehat, sehingga tidak akan menambah berat badan. Kamu juga bisa mengonsumsi air mineral dalam kemasan seperti Le Minerale. Selain aman, Le Minerale adalah salah satu air dalam kemasan yang baik untuk dikonsumsi dantelah dikenal baik untuk kesehatan berkat kandungan mineral alaminya. K[elebihan lain dari Le Minerale adalah botolnya dikemas khusus sehingga keras sebelum dibuka dan aman dari pemalsuan. Le Minerale juga telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).