gisadmin - 10 Sep 2019

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

Bila kamu merasa lemak yang ada dalam tubuh sudah menumpuk, tandanya kamu harus cepat membakarnya.

Jika mendengar kata lemak, banyak orang yang menganggap jika zat ini tidak baik untuk kesehatan. Padahal, tidak selalu demikian. Lemak diperlukan juga sebagai cadangan energi yang bisa melarutkan vitamin agar mempermudah tubuh menyerapnya.

Tapi jika lemak berlebih dalam tubuh, tentu juga tidak baik untuk kesehatan.  Kamu bisa mengikuti cara membakar lemak berikut ini untuk dipraktikkan dalam keseharian.

1. Olahraga dan Aktif Bergerak

Cara membakar lemak perlu didukung dengan penerapan olahraga yang rutin. Ingatlah jika semakin banyak waktu yang kamu luangkan untuk berolahraga maka akan membuat lemak yang terbakar semakin banyak. Sebaiknya olahraga dilakukan saat pagi hari karena mampu meningkatkan metabolisme sehingga membakar kalori lebih banyak. Olahraga yang disarankan adalah bersepeda, jalan kaki, jogging, squat, lunges, atau aerobik. Cobalah untuk meluangkan waktu sekitar 30 menit setiap paginya.

Bukan berarti jika sudah rutin berolahraga kamu sudah cukup membantu tubuh membakar lemak. Sebenarnya kamu juga perlu banyak bergerak di aktivitas sehari-hari. Perlu diketahui, bila malas bergerak selama 4 jam bahkan lebih, bisa membuat enzim yang mengontrol kolesterol dan metabolisme lemak tertutup. Maka dari itu cara membakar lemak dan demi menjaga agar enzim ini tetap aktif kamu bisa berjalan, naik-turun tangga, melakukan peregangan tiap satu jam sekali, dan menggerakan tubuh secara maksimal sehari-hari.

2. Mengonsumsi Lemak Tak Jenuh Tunggal Lebih Banyak dan Mengurangi Minuman Tinggi Kalori

Lemak jenuh tak tunggal yang memiliki nama lain lemak baik dikenal bisa membantu menurunkan berat badan. Beberapa makanan yang termasuk dalam golongan ini adalah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, selai kacang tanpa gula tambahan, dan lain-lain.

Selain itu, cara membakar lemak juga perlu membatasi mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti minuman energi, jus, kopi susu, dan soda. Memang minuman-minuman tersebut memiliki rasa yang nikmat. Namun sayangnya hanya memberikan sedikit nutrisi. Untuk menghindari konsumsi minuman tinggi kalori, sebaiknya ganti jus dengan buah segar saja yang lebih banyak kandungan seratnya. Selain itu, perlu juga membatasi susu dan gula yang dicampur dalam teh dan kopi.

3. Membatasi Mengonsumsi Makanan Manis dan Karbohidrat Sederhana

Nah salah satu cara membakar lemak yang sudah umum adalah dengan membatasi mengonsumsi makanan manis dan makanan karbohidrat sederhana terlalu banyak. Hal ini karena hanya akan membuat kalori dalam tubuh semakin besar dan tubuh akan susah membakar lemak di dalam tubuh dalam jumlah banyak. Cobalah untuk mengganti makanan manis dengan mengonsumsi buah-buahan yang cenderung lebih sehat.  Selain itu, gantilah karbohidrat sederhana seperti nasi dengan makanan beras merah, quinoa, jagung, kentang, oatmeal, dan ubi yang termasuk karbohidrat kompleks yang bisa membantu tubuh mengontrol gula darah dan nafsu makan.

4. Jaga Kualitas Tidur

Jangan salah menjaga kualitas tidur juga berpengaruh untuk membakar lemak tubuh lho. Ternyata tidur lebih awal akan membantu pembakaran lemak naik dan menghindari lemak yang menumpuk.

Sementara bila kurang tidur akan meningkatkan nafsu makan, mempengaruhi hormon yang mengatur lapar, dan memicu kenaikan berat badan berlebih. Disarankan tidur tujuh jam per malam setiap harinya.

5. Mengonsumsi Protein dan Makanan yang Berserat Lebih Banyak

Tubuh sendiri memerlukan protein dan serat yang lebih banyak. Protein dan serat sendiri bisa membantu seseorang kenyang lebih lama dan memperbaiki serta menumbuhkan otot. Makanan protein dan serat juga membantu kamu untuk mengurangi makan camilan di sela-sela waktu sebelum makan besar. Serat juga bagus untuk pencernaan sehingga bisa meminimalisir perut yang buncit. Makanan protein yang bisa dikonsumsi, yakni daging, susu, dan telur. Sementara serat makanan yang direkomendasikan adalah oatmeal, kacang-kacangan, dan buah citrus.

6. Jangan Lupa Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Konsumsi 250 ml air mineral sebelum makan agar membantu mengontrol porsi makan dan membuat perut cenderung lebih kenyang sehingga tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan. Jangan lupa konsumsi air mineral yang tepat, salah satunya yang bisa kamu pilih adalah Le Minerale.

Le Minerale memiliki kandungan mineral alami, seperti kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Selain itu, air minum Le Minerale ini sendiri pun diolah langsung dari sumber mata air pegunungan terpilih dari jarak 100 meter di bawah permukaan tanah, sehingga memiliki kesegaran khas yang ditandai dengan sedikit rasa manis.

Selain itu, Le Minerale juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Itulah cara membakar lemak yang bisa kamu ikuti. Bila dilakukan secara rutin maka kamu bisa memiliki tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal.