gisadmin - 20 Aug 2019

6 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sangat wajar terjadi ketika bekerja kamu merasa lelah, jenuh, hingga berujung ‘mengeluh’ dalam bekerja. Jika sudah merasakan hal-hal tersebut, perlu diwaspadai munculnya penurunan produktivitas kerja yang pastinya berdampak pada urusan menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Jika berbicara soal produktivitas kerja, yang mempengaruhinya bukan hanya dari diri karyawannya saja, tapi juga perusahaanya.

Hal yang Perlu Dilakukan Perusahaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Terapkan Sistem Reward and Punishment

Dari sisi perusahaan, pemberian reward and punishment juga bisa membantu membuat produktivitas kerja meningkat dan mendidik karyawan.  Sistem ini biasanya diberikan pada karyawan yang dinilai memiliki kinerja lebih dari yang lain dan bisa ditunjukkan dengan pemberian trofi maupun sertifikat, kenaikan jabatan, maupun kenaikan gaji atau pemberian bonus dan komisi.

Sementara pemberian hukuman untuk mendidik karyawan yang melanggar peraturan atau memiliki kinerja kurang baik bisa  berupa adanya penambahan jatah lembur, penurunan gaji atau jabatan, atau jika karyawan sudah melakukan kesalahan fatal bisa diberikan hukuman berupa pemecatan.

Memberikan Fasilitas yang Dibutuhkan Karyawan

Perusahaan juga bisa meningkatkan produktivitas kerja dengan menyediakan fasilitas teknis yang diperlukan oleh karyawan untuk membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Misalnya, berikan fasilitas komputer atau laptop yang memiliki kapasitas mumpuni, loker pribadi, dan lain-lain.

Berikan Dukungan dan Tujuan yang Realistis

Sebagian atasan ada yang tidak memiliki tujuan jelas dalam target yang ingin dicapai dalam perusahaan, sehingga membuat bawahan bingung dalam menjalankan pekerjaannya. Baiknya atasan perlu memberikan arahan yang jelas pada bawahan agar tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana.  Tentunya cara ini sangat membantu meningkatkan produktivitas para karyawan karena mereka akan memiliki fokus yang jelas dan tujuan yang jelas.

Hal yang Perlu Dilakukan Karyawan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Tata Rapi Meja Kerja dan Dengarkan Musik

Meja yang berantakan pasti akan berpengaruh pada fokus kerja dan membuat diri menjadi malas bahkan tidak betah berlama-lama di meja. Maka dari itu, untuk meningkatkan produktivitas kerja baiknya rapikan meja kerja. Tata meja kerja agar kamu bisa leluasa menyelesaikan pekerjaan. Jangan sampai lupa untuk menyimpan semua berkas file di tempat yang mudah dijangkau dan kamu ingat. Produktivitas kerja juga bisa ditingkatkan dengan mendengarkan musik yang kamu suka. Musik instrumental juga bisa dipilih karena bisa meningkatkan konsentrasi dan juga menenangkan.

Atur Rencana Pekerjaan

Produktivitas kerja bisa diciptakan dengan membuat rencana pekerjaan yang akan dilakukan sepanjang hari tersebut. Cara ini tentu sangat membantu kamu untuk bekerja secara sistematis dan meminimalisir pekerjaan yang terlewat. Untuk mempermudah, kamu bisa men-cek list setiap pekerjaan yang kamu  sudah lakukan dan buat lagi jadwal untuk esokan hari. Kamu juga bisa membuat diagram prioritas untuk menentukan pekerjaan yang sangat mendesak dan yang tidak mendesak, penting dan tidak penting.  Caranya cukup membagi 4 kotak dibagi dengan sumbu X dan Y. Sumbu X merupakan pekerjaan yang paling mendesak dan yang tidak mendesak. Sementara sumbu Y merupakan pekerjaan yang penting hingga tidak penting.

Kuadran pertama diberi nama "penting dan mendesak" yang perlu dilakukan sekarang. Kuadran kedua dinamai "penting dan tidak mendesak" yang bisa dilakukan nanti. Kuadran ketiga masuk dalam kategori tidak penting dan mendesak yang bisa dilakukan oleh orang lain. Kuadran keempat berlabel "tidak penting dan tidak mendesak" yang bisa dihilangkan. Dengan melakukan ini bisa membantu untuk memperjelas prioritas kamu dan meningkatkan manajemen waktu.

Jangan Lupa Istirahat

Untuk menjaga produktivitas kerja, jangan sampai lupa untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin. Bila kantor kamu memiliki aturan waktu istirahat jam 12 hingga 1 jam, baiknya jangan lebih dari jam yang telah ditetapkan tersebut.

Selain itu, pergunakan waktu istirahat secara maksimal. Misalnya, makan siang sambil bercengkrama dengan teman kantor, lalu manfaatkan juga untuk beribadah bagi yang muslim (salat) atau melakukan aktivitas bermanfaat lainnya.

Selain menerapkan 6 hal untuk meningkatkan produktivitas kerja di atas, kamu perlu juga menjaga asupan makanan. Konsumsilah makanan sehat dan berimbang setiap hari dan jangan sampai lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air mineral setiap hari.

Dengan mengonsumsi air mineral yang cukup bisa membantu kamu meningkatkan konsentrasi sehingga bisa meminimalisir kamu melakukan kesalahan saat bekerja.

Kamu bisa mengonsumsi air mineral dalam kemasan yang mengandung mineral alami seperti Le Minerale. Airnya  diambil langsung dari sumber pegunungan terpilih sehingga mengandung mineral alami yakni Kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Tidak cuma itu, Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Sumber mata air pilihan Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System (MPS) tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Le Minerale dikemas khusus sehingga menghasilkan botol yang keras sebelum di buka dan aman dari pemalsuan.