gisadmin - 16 May 2018

6 Tips Olahraga Cerdas Agar Nggak Dapat Lelahnya Saja

Le Minerale - Olahraga ada aturannya karena kalau salah melakukannya, bukannya sehat yang bakal didapatkan tapi justru badan lelah. Nggak mau olahraga yang kamu lakukan sia-sia, kan? Yuk, olahraga cerdas dengan enam tips berikut ini

Untuk bisa hidup sehat, kamu harus menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan satu lagi yang nggak boleh ketinggalan yakni berolahraga. Olahraga pun ada aturannya karena kalau kamu salah melakukannya, bukannya tubuh sehat yang bakal kamu dapatkan tapi justru badan lelah. Nggak mau olahraga yang kamu lakukan sia-sia, kan? Yuk, olahraga cerdas dengan enam tips berikut ini.

Biasakan Minum Air Mineral

Pastikan kamu minum air mineral berkualitas yang kandungan mineralnya alami. Apalagi kalau kamu akan melakukan olahraga yang membuatmu mengeluarkan banyak keringat, maka kamu memerlukan lebih banyak air. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sehari-hari, kamu bisa minum air mineral Le Minerale. Kandungan mineral alaminya baik untuk tubuhmu dan dapat menunjang kamu selama olahraga. Oh ya, karena tubuhmu perlu waktu untuk menyerap air, maka minumlah secara rutin, nggak hanya saat kamu akan berolahraga.

Makan Makanan yang Mengandung Protein

Protein diperlukan oleh ototmu untuk bisa bekerja maksimal. Kalau kamu kurang mengonsumsi makanan yang mengandung protein, maka pembentukan otot jadi terhambat. Akibatnya, kamu pun bakal kurang bisa maksimal dalam melakukan olahraga sehingga mudah lelah. Pilih protein nabati seperti yang berasal dari kacang kedelai.

Karbohidrat

Selain protein, kamu juga harus makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuhmu. Kalau kamu nggak makan cukup karbohidrat, dari mana sumber kalori yang akan dibakar? Untuk itu, makanlah nasi, roti, gandum, atau pisang lebih banyak agar semakin banyak pula kalori yang akan dibakar dan kamu pun cukup bertenaga untuk melakukan olahraga.

Batasi Maksimal 30 Menit

Olahraga memang menyehatkan, tapi kamu juga harus sadar kalau segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan juga nggak baik buat tubuh—termasuk olahraga. Terlalu lama berolahraga nggak hanya bikin tubuh kamu kelelahan, tapi juga sia-sia. Setelah melewati tiga puluh menit, manfaat olahraga yang kamu dapatkan akan berkurang. Lebih baik kamu melakukan olahraga dalam waktu singkat, tapi rutin.

Mulai dengan Satu Beban Saja

Mungkin kamu berpikir dengan memakai tiga beban sekaligus, maka kalori yang terbakar ketika mengangkatnya akan semakin banyak. Sebaiknya hindari hal tersebut. Lakukan satu macam gerakan saja, terutama kalau kamu memilih gerakan seperti mengangkat beban. Pilih beban yang berat sampai kamu nggak bisa lagi menahannya, baru kemudian pindah ke beban yang lainnya.

Pilih Variasi Gerakan

Jangan hanya berpaku pada satu gerakan saja, tapi juga variasikan. Misalnya, kamu mencoba olahraga lari. Jangan melakukan olahraga yang sama dalam waktu yang lama. Gantilah fokus gerakan kamu setiap seminggu sekali. Contohnya, minggu ini kamu jogging, minggu depan melakukan senam, minggu setelahnya berenang, dan seterusnya. Dengan begitu, kamu nggak akan gampang bosan.

Dengan tips di atas, olahraga yang kamu lakukan pun akan memberikan hasil maksimal. Jangan hanya terpaku pada olahraga berintensitas tinggi. Meskipun olahraga yang kamu lakukan cenderung ringan, tapi kalau dilakukan secara rutin, kamu sudah sukses melakukan Gerakan Indonesia Sehat, kok!