gisadmin - 05 Mar 2019

7 Pilihan Olahraga Kardio Bagi Kamu yang Malas Lari

Berlari dapat membuat malas karena harus dilakukan di luar ruangan. Untungnya, banyak olahraga yang menjadi pengganti olahraga lari seperti berikut ini:

Bagi sebagian orang, berlari barangkali bisa membuat malas. Pasalnya, olahraga kardio ini biasanya dilakukan di ruang terbuka. Cuaca yang tidak mendukung seperti panas atau hujan bisa jadi penghambat olahraga ini. Untungnya, ada banyak olahraga yang bisa menggantikan olahraga lari. Apa saja? Cek 7 daftarnya di bawah ini:

Naik Turun Tangga

Aktivitas pertama yang paling mudah untuk dilakukan adalah naik turun tangga. Kegiatan seperti ini dapat dilakukan di mana pun, termasuk di rumah maupun di tempat kerja. Naik turun tangga efektif untuk membuat fungsi otot bekerja secara maksimal tanpa disadari. Hasilnya, tubuh pun dapat tetap bugar.

Push Up

Alternatif kegiatan mudah lainnya yang bisa dikerjakan di dalam ruangan untuk menggantikan olahraga lagi adalah push up. Olahraga ini dapat membuat peredaran darah dan oksigen menjadi optimal dalam bekerja. Kamu pun tidak perlu mengerjakan aktivitas ini banyak-banyak, cukup semampunya dengan cara yang tepat dan rutin.

Sit Up

Kebalikan dari push up adalah sit up. Kegiatan ini pun bisa menjadi pilihan olahraga kardio bagi mereka yang tidak sempat untuk lari. Olahraga sit up pun bisa dikerjakan di dalam ruangan dan tidak membutuhkan peralatan sama sekali. Yang jelas, pastikan kamu melakukannya dengan tertib agar tekanan pada otot bisa berfungsi secara maksimal.

Lompat Tali

Butuh olahraga yang agar berat? Tidak ada salahnya jika melakukan olahraga yang satu ini. Yang kamu butuhkan hanya tali skipping yang bisa dengan mudah didapatkan di toko olahraga. Lakukan lompat tali selama 5 hingga 10 menit tanpa henti. Atur tempo gerakan tangan yang memutar tali dengan lompatan kaki untuk menghindari tali tersebut.

Gerakan Jumping Jacks

Meskipun sama-sama dilakukan dengan berdiri tegak, gerakan Jumping Jack tidak membutuhkan tali untuk melompat. Olahraga pengganti lari ini dilakukan secara melompat dengan membuka kaki dan tangan ke samping hingga ke atas kepala. Lakukan gerakan ini secara rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar alirah darah dalam tubuh.

Mountain Climbing

Gerakan yang satu ini menyerupai posisi memanjat gunung yang curam. Bedanya, gerakan Mountain Climbing cukup dilakukan di dalam ruangan dengan posisi seperti push up. Tekuk lutut kiri dan silangkan ke arah kanan dalam tubuh menghampiri siku kanan. Ganti posisi dengan menyilangkan lutut kanan ke arah kiri dalam tubuh dan lakukan secara cepat selama 30 hingga 60 detik. Gerakan ini akan melatih otot tangan, perut, dan kaki secara bersamaan.

Latihan Berenang

Terakhir, olahraga kardio yang bisa menggantikan lari adalah renang. Ketika melakukan olahraga ini, tubuh akan mendapatkan banyak manfaat karena hampir seluruh bagian tubuh bergerak. Beberapa manfaat renang antara lain melatih pernapasan, meningkatkan kinerja paru-paru, hingga melatih otot dan meningkatkan kepadatan tulang.

Nah, itu tadi beberapa alternatif olahraga kardio yang bisa kamu coba jika malas lari. Yang jelas, pastikan dirimu mendapatkan air mineral yang cukup saat selesai berolahraga berupa Le Minerale.

Pasalnya, Le Minerale mengandung mineral alami yang bermanfaat bagi tubuh, yakni kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.  Bukan hanya itu, Le Minerale juga dilengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Selain rajin berolahraga dan minum Le Minerale secara rutin, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat. Semua hal ini bertujuan untuk merawat tubuh agar tetap bugar. Gerakan untuk hidup sehat ini juga dijalankan oleh Le Minerale yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Langkah tersebut bernama Gerakan Indonesia Sehat (GIS) yang mengusung tiga pilar penting dalam pelaksanaannya, yakni Move Right, Drink Right, dan Eat Right.