gisadmin - 10 Sep 2019

7 Cara Melakukan Diet Sehat yang Baik dan Benar untuk Kesehatan Tubuh

Jika ingin berat tubuh yang ideal dan tubuh yang bugar lakukanlah diet sehat. Berikut cara diet sehat yang bisa kamu lakukan.

Maksud dari diet sehat adalah sebuah upaya  untuk mengelola pola makan menjadi lebih sehat dan teratur. Bagaimana ya cara diet sehat yang benar? Yuk sontek langkah-langkahnya berikut ini.

1. Mengonsumsi Nutrisi yang Tepat

Pastinya kunci dari diet sehat adalah memerhatikan nutrisi yang dikonsumsi. Buah dan sayuran harus selalu ada di menu utama kamu. Buah yang bisa dikonsumsi, yakni apel, alpukat, jambu biji, jeruk, lemon pisang, dan semangka.

Sementara untuk sayuran adalah asparagus, bawang merah, kentang, lobak, sayuran berdaun hijau, seledri, timun, dan wortel. Bagilah porsinya ke dalam beberapa waktu seperti dikonsumsi sarapan atau makan siang. Jadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau makan malam.

Selain itu, konsumsi juga makanan kacang dan biji-bijian, ikan, oatmeal, putih telur, camilan rendah kalori, daging merah dan putih tanpa lemak, susu dan produk susu rendah lemak.

2. Jangan Malas Olahraga dan Aktif Bergerak

Dukung diet sehat dengan secara rutin melakukan olahraga. Hal ini karena untuk menyeimbangkan kalori yang masuk dan kalori yang keluar. Kamu bisa memulai dengan melakukan olahraga yang ringan seperti lari, bersepeda, kardio, dan lain-lain. Perlu juga memperbanyak aktivitas gerak seperti jalan kaki atau naik-turun tangga serta melakukan peregangan.

3. Membatasi Makanan yang Mengandung Garam, Gula, Berlemak

Melakukan diet sehat perlu juga membatasi konsumsi garam meja karena bila terlalu berlebihan akan mengakibatkan tubuh kurang bisa memproses metabolisme lemak. Diet sehat sangat menganjurkan kamu untuk memperbanyak mengonsumsi ayam, sayur, atau telur tanpa diberikan taburan garam. Hindari pula makanan kemasan dan olahan.

Tenang saja, untuk menambah rasa, kamu bisa pakai garam laut asli yang lebih sehat atau bisa juga tambahkan cottage cheese. Terdapat keuntungan jika dalam keseharian kamu mengurangi garam dalam masakan, yakni membantu mengontrol tekanan darah dan meminimalisir terserang sakit jantung. 

Perlu juga membatasi makanan yang mengandung gula tinggi dan lemak seperti kue basah maupun kering, es krim, roti putih, cokelat, jus dalam kemasan, susu, dan keju, serta makanan yang diolah dengan cara digoreng.

4. Kunyah secara Benar

Jangan salah, cara mengunyah makanan juga memberikan pengaruh pada proses diet lho. Kalau kamu memiliki kebiasaan makan dengan cepat dan tidak mengunyahnya dengan baik, maka kamu tidak memberikan jeda pada perut untuk menyampaikan tanda kenyang menuju otak.

Mengunyah secara perlahan akan membantu kamu merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan secara berlebih. Cara melakukannya, habiskan makanan selama 15 menit lalu berhenti beberapa saat.

5. Jangan Sampai Membuat Tubuh Kelaparan

Mungkin ada sebagian dari kamu yang menganggap jika diet sehat itu dilakukan dengan menahan lapar melalui melewati salah satu waktu makan. Padahal cara ini kurang tepat, karena hanya akan membuat kamu makan terlalu banyak ketika jam-nya tiba.

Salah satu cara diet sehat yang bisa dilakukan, yakni membawa bekal sehat ke mana pun kamu pergi  seperti greek yoghurt, pisang, beri, apel, oatmeal, atau telur rebus bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh kamu namun tidak memberikan kalori yang berlebihan.

Perlu diingat, tidak masalah jika makan 3 kali sehari yang terpenting tidak berlebihan. Bagilah 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan masing-masing porsi yang lebih kecil.

6. Lakukan Kebiasaan Sehat

Melakukan diet sehat juga perlu menjaga kualitas tidur. Perlu dipahami kebiasaan kurang tidur memicu tubuh mudah terserang penyakit seperti diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, dan lain-lain. Kurang tidur secara tidak langsung bisa menghambat  metabolisme tubuh untuk bekerja secara optimal. Biasakan tidur selama 7 hingga 8 jam sehari agar membantu metabolisme menjadi lancar. Selain itu, hindari mengonsumsi alkohol dan jangan merokok untuk mempermudah diet sehat yang kamu lakukan. 

7. Pastikan Kebutuhan Air Mineral Tercukupi

Jika berbicara soal diet sehat, bukan saja membahas urusan makanan yang dikonsumsi atau pola makan. Minuman yang dikonsumsi sehari-hari juga sangat berpengaruh. Minumlah air mineral lebih banyak untuk mendukung diet sehat yang kamu lakukan.

Memang kebutuhan air minum tiap orang tidak sama. Karena kebutuhan cairan orang ditentukan oleh usia, aktivitas, berat badan, cuaca, dan kondisi kesehatan. Cara menghitung kebutuhan air adalah 30 ml per kilogram berat badan. Misalnya jika berat badan 50 kg dikali 30ml, maka kebutuhan cairan sekitar 1500 ml.

Kualitas dari air mineral yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Kamu harus mengonsumsi air mineral yang memiliki kandungan mineral alami salah satunya Le Minerale. Le Minerale [U1] berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Proses pengemasannya menggunakan sistem pengamanan ganda sehingga membuat mineral nya tetap terjaga sampai ke tangan konsumen.

Di dalamnya terdapat kandungan mineral alami, yakni kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf. Tidak hanya itu, Le Minerale juga mengandung bikarbonat (HCO3–) yang mampu menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale juga dikemas khusus sehingga menghasilkan botol yang keras sebelum dibuka dan aman dari pemalsuan.


Baca Juga :

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru