gisadmin - 02 Dec 2019

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami di Rumah

Semua orang pasti pernah mengalami jerawat.

Namun setiap jerawat yang dialami berbeda-beda setiap orang. Ada yang bisa dengan mudah menghilangkan jerawat, namun ada juga yang memerlukan usaha lebih untuk menghilangkan jerawat. 

Beberapa penyebab dari munculnya jerawat adalah stres, kurang menjaga kebersihan wajah, kurang memperhatikan alat kosmetik, menggunakan kosmetik yang kurang tepat, kurang tidur, banyak terlalu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, susu, maupun gluten.

Memang ada cara praktis untuk mengatasi jerawat, salah satunya adalah dengan berobat ke dokter kecantikan. Namun, melakukan perawatan ke dokter memerlukan biaya yang mahal, belum lagi kamu harus meluangkan waktu tertentu karena harus mengantre. Jika kamu tidak memiliki waktu yang banyak, tentu hal ini sangat merepotkan.

Nah untuk membantu kamu, berikut cara mengatasi jerawat yang bisa dilakukan di rumah yang pastinya lebih menghemat waktu dan juga biaya.

Timun

Cara menghilangkan jerawat bisa dengan memanfaatkan timun. Di dalamnya ada kandungan asam, pantotenat, vitamin A, dan vitamin C yang terkenal baik untuk kulit. Sayuran yang satu ini bisa meminimalisir terjadinya pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin saat diaplikasikan pada  wajah. Caranya kamu bisa dengan menghaluskan timun kemudian oleskan langsung pada wajah. Kamu perlu menunggu sekitar 10-15 menit dan bilas hingga bersih dengan air. Jika tidak ingin repot kamu bisa mengiris timun segar dan menaruh potongan timun tersebut pada bagian kulit yang sedang berjerawat.

Lemon

Lemon sudah terkenal sebagai bahan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Ini dikarenakan sari lemon yang banyak mengandung vitamin C bisa membantu mencerahkan, mengencangkan, dan mengontrol produksi minyak yang membentuk jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan lemon bisa dilakukan dengan menggunakan air perasan lemon yang dioleskan pada seluruh wajah, lalu diamkan selama 10 menit. Kalau kamu memiliki kulit yang sensitif perlu melakukan uji kepekaan kulit di bagian rahang. Bila muncul kemerahan atau terasa terbakar, baiknya hentikan cara ini dan ganti dengan metode yang lebih aman.

Sementara bila kamu memiliki kulit gelap disarankan untuk lebih waspada karena air lemon bisa memengaruhi sel-sel penghasil melanin yang memicu munculnya bintik-bintik hitam di bekas jerawat.

Putih Telur

Jangan salah, telur juga bisa dijadikan sebagai bahan cara mengatasi jerawat. Namun yang digunakan hanya bagian putih telurnya saja. Alasannya, putih telur memiliki banyak kandungan air, glukosa, mineral, protein, dan vitamin yang mampu bertugas mengobati jerawat. Putih telur bisa mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak pada kulit, dan meminimalisir peradangan jerawat. Kamu bisa mengoleskan putih telur ke bagian wajah yang berjerawat saja, kemudian diamkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

Madu

Madu tertentu seperti madu manuka, memiliki kandungan antioksidan, gula (fruktosa dan glukosa), asam amino yang berfungsi meredakan peradangan jerawat dan sebagai antimikroba sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan. Madu juga bisa mengangkat mengangkat sel-sel kulit mati, melembapkan kulit, menyeimbangkan pH kulit, dan membersihkan kotoran yang berakibat menyumbat pori-pori.

Cara mengatasi jerawat dengan madu, yakni oleskan madu di bagian wajah yang berjerawat, kemudian  diamkan hingga madu kering, lalu bilas dengan air hangat. Agar hasilnya maksimal, cobalah lakukan dipagi dan malam hari.

Tomat

Buah yang satu ini memiliki banyak kandungan yang bagus untuk mengatasi jerawat. Di dalamnya terdapat kandungan seperti antioksidan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan-kandungan tersebut bisa mengurangi jerawat dan meminimalisir kerusakan kulit.

Cara mengatasi jerawat dengan menggunakan tomat dengan menjadikannya masker wajah.  Kamu perlu mengambil satu buah tomat dan cuci bersih, kupas kulit tomat dan buang  seluruh bijinya. Lalu haluskan tomat sampai menjadi halus.

Kemudian oleskan di seluruh wajah dan diamkan selama satu jam. Setelahnya bilas wajah hingga benar-benar bersih dan keringkan dengan handuk lembut.

Selain melakukan cara mengatasi jerawat dengan bahan alami di atas, kamu juga perlu merawat kulit dari dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi banyak cairan dari air mineral.

Apa alasannya? Di dalam tubuh ada banyak racun yang menumpuk karena pengaruh polusi udara, radikal bebas, makanan yang dikonsumsi, dan lain-lain. Sementara air mineral bertugas mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan menutrisi sel kulit sehingga organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Itulah mengapa dengan mencukupi kebutuhan air mineral secara rutin, bisa mengurangi munculnya jerawat.

Untuk mengantisipasi jerawat yang berkelanjutan,  air mineral yang dikonsumsi juga tidak boleh sembarangan. Kamu bisa memilih Le Minerale. Di dalamnya ada kandungan kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit,  magnesium yang mampu meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh.

Selain itu, Le Minerale juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Proses pengemasannya menggunakan sistem pengamanan ganda sehingga membuat mineralnya tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). 

Baca Juga : 

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru