gisadmin - 05 Mar 2019

Ketahui Jumlah Air Minum yang Dibutuhkan Oleh Ibu Hamil dan Menyusui

Asupan air minum merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang. Diantarnya untuk Ibu yang sedang hamil dan menyusui. Seberapa banyak? Simak ulasnya beikut.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika kebutuhan air minum untuk setiap orang berbeda-beda. Ketika tubuh mengalami kekurangan air, maka akan muncul beragam tanda seperti kulit kering, kelelahan, gangguan pernapasan, hingga nyeri sendiri.

Ada beragam faktor yang menyebabkan asupan air ini berbeda, yakni antara lain usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, serta aktivitas sehari-hari. Selain itu, faktor kehamilan dan menyusui juga menjadi pertimbangan kadar asupan air minum seseorang. Nah, berapa banyak jumlah air minum yang dibutuhkan di dua kondisi seperti ini? Berikut ulasannya:

Nutrisi Ibu Hamil

Bagi seorang ibu yang tengah hamil, kebutuhan air minumnya berbeda dengan orang lain. Pasalnya, janin yang ada di dalam kandungan pun membutuhkan air untuk memastikan proses pertumbuhannya berjalan lancar.

Untuk orang normal membutuhkan setidaknya dua liter air minum setiap harinya. Sementara bagi ibu hamil nutrisi air minum yang dibutuhkan lebih besar, yakni dua setengah liter per hari. Selain untuk dirinya, juga untuk mendukung gizi janinnya.

Apabila jumlah ini tidak sesuai, maka akan berdampak negatif pada perkembangan janin di dalam kandungan. Beberapa hal yang berpengaruh yakni perkembangan janin, kemampuan janin untuk bergerak pun menurun, hingga terjadinya kelainan anatomi saat lahiran.

Nutrisi Ibu Menyusui

Sementara untuk ibu yang tengah menyusui pun memiliki kebutuhan air yang tidak sama dengan yang lainnya. Jumlah air yang disarankan untuk ibu menyusui adalah minimal dua setengah hingga tiga liter setiap harinya.

Senyawa ini tidak selamanya harus didapatkan dari air, namun bisa juga dikombinasikan dengan air yang terdapat di dalam sayur atau buah-buahan. Pasalnya, asupan air ini akan membantu kebutuhan air susu ibu (ASI) bagi bayinya. Tidak hanya itu, kadar senyawa ini juga memengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan.

Air Minum yang Cocok untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Meskipun ada banyak jenis air yang tersedia sehari-hari, ada baiknya untuk mengonsumsi air mineral Le Minerale yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk sebagai air minum. Bagi seorang ibu, konsumsi air mineral alami ini mempunyai beragam manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan air mineral Le Minerale yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, serta sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh.

Tidak hanya itu, Le Minerale juga mengandung potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh sehingga mampu membantu proses menyusui dan kehamilan seorang ibu agar berjalan lancar. Terakhir, jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat.