gisadmin - 20 Mar 2019

Kenali Anti Oksidan Sejak Dini dan Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Terdapat dua jenis anti oksidan, yaoitu endogenous yang dihasilkan oleh tubuh, serta exogenous yang di dapat dari luar tubuh. Berikut informasi lengkap tentang anti oksidan.

Apakah kamu pernah mendengar tentang radikal bebas? Komponen yang disebut-sebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit ini ternyata berada di sekitar kamu. Radikal bebas adalah hasil sampingan dari proses pengolahan makanan menjadi energi.

Selain itu kamu juga bisa mendapat radikal bebas dari makanan, udara, bahkan dari reaksi tubuh Kamu terhadap sinar matahari. Nah, tubuh kita memiliki mekanisme pertahanan khusus untuk menangkal efek buruk radikal bebas, yaitu anti oksidan.

Ada dua jenis anti oksidan yaitu endogenous yang dihasilkan oleh tubuh, serta exogenous yang didapat dari luar tubuh terutama dari makanan. Jika kamu tertartik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai anti oksidan, kamu bisa simak infonya di bawah ini:

Apa Saja Sumber Anti Oksidan?

Terdapat beberapa sumber anti oksidan pada makanan dan minuman yang mengandung vitamin. Contoh anti oksidan yaitu vitamin C, vitamin E, dan karotenoid seperti lutein, beta karoten, serta likopen di mana banyak terdapat pada sayur dan buah. Vitamin E membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker, penyakit jantung, hingga penyakit mata.

Vitamin E biasanya bekerja bersama dengan vitamin C untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif. Vitamin E dapat Kamu temukan pada minyak yang berasal dari tumbuhan, produk whole grain, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Selain vitamin E, vitamin C mungkin merupakan jenis anti oksidan yang paling banyak dikenal. Membantu melindungi tubuh dari infeksi, mencegah kerusakan sel, hingga membantu produksi kolagen yang berfungsi untuk melekatkan tulang dengan otot merupakan beberapa manfaat dari vitamin C. Kamu bisa menemukan vitamin C pada buah jeruk, mangga, pepaya, stroberi, hingga sayur-sayuran seperti tomat, brokoli, dan kentang.

Anti Oksidan dan Pencegahan Penyakit

Selanjutnya, anti oksidan bersifat menangkal radikal bebas. Jika dibiarkan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat. Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.

Anti oksidan sebagai penetralisir sifat reaktif radikal bebas dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut, tetapi pengaruhnya akan lebih besar jika anti oksidan dikonsumsi dalam bentuk alami, bukan dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Antioksidan dalam makanan, khususnya vitamin C, punya fungsi untuk menguatkan sistem imun. Jika sistem imun kamu kuat, tubuh kamu pun tidak mudah terkena penyakit.

 

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan mineral harian kamu dengan mengonsumsi air mineral. Pasalnya, tubuh membutuhkan air yang mengandung mineral alami supaya kinerja tubuh menjadi optimal. Selain itu, air mineral juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu cara untuk melawan radikal bebas adalah dengan mengonsumsi air mineral alami, yakni Le Minerale. Pasalnya, air dengan kandungan mineral alami ini memiliki kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Kandungan air mineral Le Minerale lainnya, yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium yang berkhasiat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Le Minerale sendiri adalah air minum dalam kemasan yang bersumber dari mata air pegunungan yang kaya akan mineral alami yang melewati berbagai lapisan bumi serta bebatuan yang kaya akan mineral.

Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System tanpa disentuh oleh tangan manusia secara langsung.

Kemasan Le Minerale dikemas secara khusus sehingga botolnya keras sebelum dibuka dan tutup botolnya disegel sehingga aman dari pemalsuan dan mineralnya tetap terjasa sampai ke tangan kamu.