gisadmin - 05 Mar 2019

Ketahui Manfaat & Panduan Diet Keto yang Tepat

Berbeda dengan diet lainnya, diet keto lebih menekankan pada penerapan pola makan dengan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Berikut manfaat dan panduannya.

Tidak sedikit orang yang memimpikan berat badan ideal. Untuk mendapatkan kondisi ini, berbagai cara pun dilakukan. Mulai dari olahraga secara rutin, menjaga asupan makanan, hingga menerapkan diet dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu cara mendapatkan berat badan ideal yang banyak diterapkan adalah diet keto. Berbeda dengan diet-diet lainnya, diet keto lebih menekankan pada penerapan pola makan dengan rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Sebagai gantinya, pola diet ini lebih memperbanyak asupan protein serta konsumsi lemak sehat.

Manfaat Diet Keto

Diet ini menjadi populer dianggap mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Nah, seperti apa manfaat spesifik dari diet keto? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

1. Menurunkan Risiko Gangguan Jantung

Dengan mengerjakan pola diet keto secara rutin, maka tubuh akan mendapatkan keuntungan berupa menurunnya risiko gangguan jantung. Hal ini disebabkan oleh kemampuan diet keto yang bisa menurunkan kadar insulin sehingga produksi kolesterol di dalam tubuh pun akan ikut menurun.

2. Menekan Pemicu Gangguan Sistem Saraf

Tidak hanya itu, aturan makanan khusus ini juga mampu menekan pemicu gangguan sistem saraf seperti Parkinson, Alzheimer, bahkan gangguan tidur. Pasalnya, diet keto mampu mengubah lemak menjadi energi yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Hasilnya, sel-sel otak pun terhindarkan dari risiko kerusakan.

3. Melakukan Kontrol Gula Darah

Bagi para pengidap diabetes tipe 2, menerapkan pola diet yang satu ini akan bermanfaat untuk melakukan kontrol gula darah karena terbebas dari lemak jahat. Beberapa makanan yang mengandung lemak sehat, yakni antara lain alpukat, kacang-kacangan, serta ikan salmon.

Rendahnya konsumsi karbohidrat juga efektif dalam menurunkan kadar gula darah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada baiknya jika melakukan pemeriksaan kadar gula darah setiap hari.

Panduan Tepat Diet Keto

Lantas, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi selama menjalani proses diet ini? Berikut daftarnya:

?        Daging ayam, sosis, dan kalkun

?        Ikan salmon dan tuna

?        Telur dengan kandungan omega 3

?        Sayur-sayuran hijau

?        Kacang-kacangan seperti almond dan wijen

?        Minyak zaitun atau minyak kelapa

Tidak hanya itu, disarankan pula untuk menghindari nasi, pasta, umbi-umbian, makanan dan minuman manis seperti es krim, soda, serta alkohol. Nah, selama proses diet keto, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air mineral karena mampu memberikan beragam manfaat yang dibutuhkan tubuh.

Salah satu air mineral yang cocok dikonsumsi yakni Le Minerale. Pasalnya, minuman ini mengandung mineral alami, yakni bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Kandungan lainnya adalah kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium yang berkhasiat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Selain mengatur pola makan dan mengonsumsi Le Minerale secara rutin, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak dan berolahraga. Hal ini sejalan dengan kampanye Gerakan Indonesia Sehat (GIS) yang dijalankan oleh Le Minerale dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Terdapat tiga pilar yang diusung oleh kampanye yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat ini, yaitu move right, drink right, dan eat right. Dengan melakukan tiga hal ini, maka tubuh akan tetap bugar selama beraktivitas sehari-hari.