gisadmin - 02 Dec 2019

Masih Sering Ngantuk Saat Kerja? Lakukan 5 Cara Ini untuk Menghilangkannya!

Tak jarang saat sedang bekerja rasa kantuk datang begitu saja. Tentu kondisi ini bisa mengganggu konsentrasi, produktivitas, dan mood kerja. Apa sih yang menjadi penyebab seseorang mengantuk disaat sedang bekerja? Ada berbagai macam faktor, di antaranya kekurangan cairan, kurang tidur, jarang bergerak, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan kafein, sedang mengalami stres dan depresi, dan masih banyak faktor lainnya.

Tentunya kebiasaan mengantuk saat bekerja bila tidak diatasi dan dicari tahu penyebabnya akan sangat berpengaruh pada kinerja kamu, bukan? Biar tidak ditegur oleh teman kantor atau atasan karena kebiasaan kamu yang suka ngantuk di kantor, yuk simak 5 cara menghilangkan ngantuk di kantor berikut ini.

Tidur dengan Waktu yang Cukup

Cara menghilangkan ngantuk saat bekerja yang pertama adalah dengan membiasakan untuk tidur dengan waktu yang cukup. Saat Leminz sudah hendak tidur dan tubuh berada di kasur sebaiknya meminimalisir aktivitas pada malam hari seperti bermain gadget, menonton TV, atau membuka laptop.  Usahakan setiap hari tidur malam 7-8 jam. Biasakan juga pergi tidur dan bangun pagi hari di waktu yang sama. Misalnya kamu terbiasa tidur jam 10 malam dan bangun di jam 5 pagi. Tubuh memiliki jam biologis yang teratur sehingga jika sudah terbiasa tidur dan bangun di jam tertentu maka tidur bisa tercukupi.

Mendengarkan Musik

Kamu juga bisa lho mendengarkan musik untuk menghilangkan kantuk. Musik yang didengarkan sebaiknya yang memiliki dentuman yang bisa memicu semangat. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu sering menggunakan headphone atau headset terlalu lama apalagi dengan volume suara yang keras. Sesuaikan saja volume-nya dan jangan sampai mengganggu orang yang ada di samping kamu ya.

Aktif Bergerak

Memperbanyak bergerak juga menjadi cara menghilangkan ngantuk yang bisa dicoba nih. Kamu bisa memperbanyak berjalan untuk berkeliling lingkungan kantor 10 menit. Dengan berjalan kaki bisa membuat jantung jadi lebih banyak memompa darah yang mengandung oksigen. Hal ini bagus untuk kinerja otot, pembuluh darah, dan otak. Dengan asupan oksigen yang cukup bisa membuat otak bekerja aktif dan fokus sehingga ngantuk pun bisa jauh dari kamu. Bisa juga dengan melakukan olahraga ringan seperti lompat-lompat, stretching ringan, dan meregangkan otot-otot.

Mengonsumsi Makanan Ringan yang Rendah Gula

Apakah kamu salah satu orang yang lebih memilih mengonsumsi makanan manis dan kopi saat mengantuk ketika sedang bekerja? Benar sih kalau kafein yang ada pada kopi bisa mengurangi kantuk. Namun sayangnya kebiasaan minum kopi bisa menurunkan kualitas tidur. Nah, kalau mengonsumsi makanan yang mengandung gula untuk mengusir kantuk malah membuat tubuh jadi gampang merasa lelah.

Terus apa ya makanan yang bisa membantu mengusir kantuk? Kamu bisa konsumsi camilan sehat seperti biskuit gandum memakai selai kacang, buah-buahan yang mengandung vitamin C (jambu biji, jeruk, kiwi, mangga, nanas, stroberi, dan pepaya), cokelat hitam tanpa diberikan pemanis tambahan, kacang-kacangan, teh hijau, atau yoghurt.

Cara menghilangkan ngantuk juga bisa dengan menyalakan lampu ruangan jika kamu bekerja di ruangan yang redup. Tarik napas dalam untuk meningkatkan kadar oksigen yang ada di dalam darah dan energi di dalam tubuh. Ngobrol dengan rekan kerja juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan ngantuk.

Mengonsumsi Air Mineral

Sederhana tapi bisa jadi cara menghilangkan kantuk yang jitu. Alasannya air mineral bisa memberi oksigen pada otak. Saat tubuh kekurangan cairan, malah membuat jantung jadi memompa lebih keras dan membuat tubuh merasa cepat lelah dan lesu. Cara mengetahui apakah tubuh mendapatkan air yang cukup adalah dengan mengecek tubuh kamu apakah mulut sering terasa kering dan lidah bengkak, sering merasa pusing dan lelah tanpa sebab, dan urin berwarna kuning pekat.

Lantas, air mineral seperti apa ya yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari? Leminz bisa memilih Le Minerale sebagai asupan air mineral kamu sehari - hari. Air mineral yang satu ini memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya, seperti  kalsium yang akan membantu memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit.

 Selain Kalsium, di dalam kandung Le Minerale juga terdapat Magnesium yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, dan juga sodium yang mampu membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh Tidak lupa, Le Minerale juga mengandung zat potasium yang berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Perlu diketahui juga, kalau Le Minerale berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah yang melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Sumber mata airnya berasal dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan juga dibotolkan langsung pada sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Baca Juga : 

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru