gisadmin - 20 Mar 2019

Panduan Pola Makan Sehat Sesuai Golongan Darah yang Bisa Kamu Tiru

Ternyata asupan makanan sesuai golongan darah juga bisa meningkatkan pola makan sehat kamu lho. Berikut beberapa pola makan sehat sesuai golongan darah yang bisa kamu coba:

Menurut beberapa orang golongan darah bisa mempengaruhi kepribadian, jadi tidak heran jika banyak orang yang mengaitkan sikap seseorang dengan golongan darah yang dimiliki. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang menyatakan adanya hubungan antara golongan darah dengan kepribadian seseorang. Sebaliknya, justru telah banyak penelitian yang membuktikan adanya hubungan antara golongan darah dengan risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit lain yang berhubungan dengan respon stres imun.

Ternyata asupan makanan sesuai golongan darah juga bisa meningkatkan pola makan sehat kamu lho. Berikut beberapa pola makan sehat sesuai golongan darah yang bisa kamu coba seperti:

Pola Makan untuk Golongan Darah A

Golongan darah A cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif, sehingga terlalu banyak tekanan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka lebih cepat dibandingkan golongan darah lainnya. Mereka memiliki kadar asam lambung lebih rendah sehingga cenderung sulit mencerna makanan yang mengandung protein hewani dan lemak.

Pola makan sehat yang dianjurkan untuk pemilik golongan darah A adalah makanan yang mengandung protein nabati seperti kedelai, tempe, kacang polong, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan yang berifat alkali seperti alpukat, kurma, apel, berry, dan lain-lain. Hindari konsumsi kentang, umbi-umbian, serta pepaya, mangga, dan jeruk yang dapat memicu diabetes.

Pola Makan untuk Golongan Darah B

Pola makan sehat untuk golongan darah B lebih fleksibel dibandingkan dengan golongan darah lainnya khususnya A dan O karena mereka dapat mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani maupun nabati. Golongan darah B dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, sayuran hijau, telur, dan produk susu rendah lemak.

Hindari konsumsi ayam, gandum, jagung, kacang, tomat, kacang tanah dan biji wijen karena makanan tersebut dapat mempengaruhi proses metabolisme tubuh yang dapat mengakibatkan kelelahan, retensi cairan, dan hipoglikemia.

Pola Makan untuk Golongan Darah O

Pemilik golongan darah O cenderung memiliki kadar asam lambung yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk mencerna protein dan lemak dengan mudah. Faktor pencernaan ini sangat meningkatkan kemampuan tipe O untuk memetabolisme kolesterol dalam produk hewani secara lebih efisien dan mengasimilasi kalsium dengan lebih baik.

Pola makan sehat yang dianjurkan untuk pemilik golongan darah O adalah buah-buahan yang bersifat alkali seperti alpukat, apel, kurma, bawang putih, wortel, seledri, serta daging sapi, domba, kalkun, ayam, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian, dan makanan laut karena dapat meningkatkan produksi hormon.

Pola Makan untuk Golongan Darah AB

Orang dengan tipe golongan darah AB memiliki asam lambung yang rendah sehingga mereka tidak dianjurkan untuk makan daging karena sistem pencernaannya sulit menerima makanan tersebut. Pola makan sehat yang dianjurkan untuk pemilik golongan darah AB untuk dikonsumsi adalah tahu, susu, sayuran hijau, dan makanan laut yang merupakan sumber terbaik protein seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan kakap merah.

Itulah beberapa pola makan sehat sesuai golongan darah yang bisa kamu jadikan referensi di dalam menu makan kamu. Selain konsumsi makan-makanan sehat, kamu juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu.

Nah, itu dia panduan pola makan sehat sesuai golongan darah yang bisa kamu tiru. Selain itu, untuk menyeimbangkan gaya hidup sehatmu, kamu pun bisa mengonsumsi air berkualtas yang mengandung mineral alami, salah satunya adalah Le Minerale. Pasalnya, air mineral ini memiliki kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh, kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium yang berkhasiat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Kemasan Le Minerale dikemas secara khusus sehingga botolnya keras sebelum dibuka dan tutup botolnya disegel sehingga aman dari pemalsuan dan mineralnya tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Air mineral dalam kemasan ini pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga : 

7 Ciri Air Minum Berkualitas

12 Manfaat Minum Air Saat Perut Kosong

5 Air mineral Terbaik Untuk Tubuh