gisadmin - 21 Aug 2019

Rekomendasi Makanan Bergizi yang Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil & Menyusui

Saat hamil maupun menyusui menjadi momen berharga bagi seorang ibu. Di masa tersebut, ibu harus mengonsumsi makanan bergizi untuk mendukung perkembangan ibu, janin, maupun bayi ketika sudah lahir.

Ada beberapa kandungan nutrisi penting dari makanan bergizi di bawah ini yang sebaiknya ibu konsumsi untuk memberikan asupan yang sehat di masa hamil maupun menyusui.

Asam Folat

Asam Folat (Folic Acid), termasuk nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak, menyeimbangkan sel darah putih dan merah pada tubuh janin dan bayi, dan membantu membentuk struktur saraf yang ada pada janin dan bayi. Maka dari itu, baik ibu hamil maupun menyusui disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran hijau  yang dikenal kaya akan asam folat.

Kalsium

Makanan bergizi lainnya yang sebaiknya dikonsumsi ibu adalah yang memiliki kandungan kalsium untuk membantu memelihara kesehatan tulang, membantu proses pembentukan sel-sel organ tubuh yang ada pada ibu, janin, dan bayi. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi, di antaranya bayam, kale, sawi hijau, susu dan produk turunannya.

Karbohidrat

Baik ibu hamil maupun menyusui sama-sama memerlukan karbohidrat karena bisa memberikan energi bagi ibu, janin, maupun bayi. Makanan karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi adalah yang mengandung gandum.

Lemak Sehat

Lemak sehat yang dimaksud adalah lemak tidak jenuh.  Ibu hamil dan menyusui sebaiknya secara rutin mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat yang berguna bagi pertumbuhan janin dan bayi khususnya untuk sistem saraf dan otak janin. Alpukat, ikan salmon, dan kelapa menjadi makanan yang mengandung lemak sehat yang disarankan.

Protein

Makanan bergizi lainnya yang perlu dikonsumsi ibu hamil dan menyusui yang mengandung protein. Untuk ibu, protein bertugas membantu membentuk jaringan otak pada janin dan pemulihan setelah kehamilan dan melahirkan. Sementara untuk bayi, protein bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi untuk penyusunan dan memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh. Makanan bergizi yang sebaiknya dikonsumsi adalah daging sapi, ikan dan seafood lainnya, ayam, ikan dan seafood, telur, susu serta produk turunan susu lainnya.

Mineral

Mineral sangat penting bagi kesehatan manusia, termasuk ibu hamil dan menyusui. Tubuh manusia tidak bisa memproduksi mineral, maka dari itu asupan ini perlu diproleh dari makanan dan minuman. Beberapa kandungan mineral yang diperlukan ibu hamil, yakni yodium dan zat besi. Baik dalam tubuh ibu maupun bayi ada kelenjar tiroid yang mampu menjaga keseimbangan tubuh. Bila ibu hamil maupun menyusui tercukupi kebutuhan yodiumnya akan berperan untuk produksi hormon yang baik untuk pertumbuhan otak bayi. Sementara kandungan zat besi bagus untuk menghindari ibu, janin, dan bayi mengalami kekurangan darah (anemia). Ibu bisa mengonsumsi makanan beryodium seperti apel, anggur, jeruk, dan stroberi. Sementara makanan yang mengandung zat besi seperti brokoli, kacang-kacangan, dan ubi.

Ibu hamil dan menyusui juga perlu kandungan mineral lainnya seperti potasium yang bisa diperoleh dari makanan seperti pisang, mangga, dan semangka. Sementara magnesium bisa diperoleh dari jagung dan tahu. Selain dari makanan, ibu juga bisa memeroleh kandungan mineral dari air mineral.

Bagi ibu hamil, kecukupan air penting untuk menghindari terjadinya bayi lahir prematur, infeksi kandung kemih, pembengkakan berlebihan, wasir, dan konstipasi. Sementara untuk ibu menyusui konsumsi air mineral diperlukan untuk menjaga kecukupan ASI.

Nah, salah satu air minum kemasan yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air yang mengandung mineral alami seperti Le Minerale yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk. Pasalnya, air minum pegunungan ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral.

Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.[U1] 

Kandungan air mineral Le Minerale yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Tidak cuma itu, Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).