gisadmin - 27 Sep 2019

Selain Menyehatkan Tulang, Ketahui 5 Fungsi Kalsium Lainnya Berikut Ini

Kalsium bukan hanya baik untuk tulang dan gigi. Namun bukan hanya itu saja, berikut fungsi kalsium untuk tubuh yang perlu diketahui.

Jika berbicara soal kalsium, ini menjadi salah satu jenis mineral yang sudah dikenal sangat baik untuk tubuh. Salah satu fungsi kalsium yang diketahui banyak orang adalah untuk pemeliharaan tulang maupun gigi.

Kandungan kalsium paling banyak ada di dalam tulang dan gigi. Dengan seiring berjalannya waktu tingkat kalsium alami mulai menurun. Hal ini disebabkan karena kalsium dilepaskan dari tubuh melalui kotoran, keringat, dan sel kulit.

Untuk wanita, saat bertambah usia penyerapan kalsium cenderung menurun hal ini karena disebabkan oleh hormon estrogen berkurang. Di beberapa kondisi, seperti ibu hamil, melahirkan, dan masa kanak- kanak memerlukan asupan kalsium yang lebih tinggi.

Selain untuk tulang dan gigi, berikut 5 fungsi lain dari kalsium yang baik bagi tubuh.

Menjaga Pembekuan Darah

Dalam proses pembekuan darah kalsium berperan dalam menciptakan trombosit agar membantu menurunkan perdarahan. Kalsium juga bisa dimanfaatkan mengurangi gejala PMS seperti perut kembung dan rasa nyeri.

Menambah Kekuatan Sistem Imun Tubuh

Fungsi kalsium selanjutnya, yakni membantu membuat enzim-enzim penting dalam tubuh menjadi aktif dan menghasilkan energi sistem imun tubuh semakin kuat dan terhindar dari macam-macam penyakit. Dalam metabolisme tubuh, kalsium bisa membentuk enzim dan hormon untuk mendukung proses metabolisme tubuh menjadi lancar.

Membantu Tubuh untuk Lebih Ramping

Ini menjadi kabar baik bagi kamu. Kenapa? Ternyata fungsi kalsium salah satunya sebagai pembakar lemak. Jadi bila dalam makanan yang kamu konsumsi mengandung kalsium yang tinggi  akan sangat membantu dalam proses membakar lemak dibandingkan menahan lemak.

Menjaga Kesehatan Jantung

Fungsi kalsium untuk jantung bisa membantu mengatur gerakan jantung dan memompa darah ke seluruh tubuh. Kontraksi otot pada jantung juga memerlukan kalsium  karena perannya untuk memberi sinyal bagi otot untuk melakukan peregangan.

Menjaga Fungsi Saraf

Ternyata kalsium juga memiliki peran untuk membantu meminimalisir rasa sakit dan membuat sistem saraf menjadi lebih tenang. Selain itu, bagi anak fungsi kalsium juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan mereka. Alasannya karena kalsium berperan untuk menghantarkan sinyal-sinyal pada sistem saraf di otak sehingga bisa membuat anak mudah menerima informasi dengan cepat.

Kalsium pada tiap orang berbeda-beda proses penyerapannya, karena bergantung pada jenis kelamin, ras, dan usia. Orang yang kekurangan kalsium sebelum menginjak usia 20 atau 25 tahun berisiko mengalami osteoporosis.

Bila tubuh mengalami kekurangan kalsium biasanya seseorang akan menunjukkan ciri-ciri seperti banyak keringat, gelisah, insomnia, lesu, kram, kurang nafsu makan, menurunnya daya tahan tubuh, sesak napas, sembelit, dan sebagainya.

Kalsium yang Diperlukan Tubuh

Untuk menghindari tubuh dari kekurangan kalsium, berikut jumlah kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh tubuh:

  1. 0-6 bulan tubuh memerlukan 200 mg
  2. 7-12 bulan tubuh memerlukan 260 mg
  3. 1 – 3 tahun tubuh memerlukan 700 mg
  4. 4 – 8 tahun tubuh memerlukan 1.000 mg
  5. 9-13 tahun tubuh memerlukan 1.300 mg
  6. 14-18 tahun tubuh memerlukan 1.300 mg
  7. 19-50 tahun tubuh memerlukan 1.000 mg
  8. 51-70 tahun tubuh memerlukan 1.000 mg
  9. 71+ tahun tubuh memerlukan 1.200 mg

Sementara untuk ibu hamil saat usia kandungan sudah mencapai minggu ke-20 kehamilan sampai akhir kehamilan sebaiknya penuhi kebutuhan kalsium sekitar 1.500 sampai 2.000 mg per hari. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pencegahan preeklampsia yang merupakan kondisi yang menyebabkan ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi dan sangat berbahaya bagi keselamatan bayi.

Ada beberapa makanan yang dikenal memiliki kandungan kalsium yang tinggi seperti bayam, brokoli, ikan sarden, kacang-kacangan, keju, susu, tahu, dan tempe. Selain itu, kamu bisa memeroleh kalsium dari air mineral.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa mengonsumsi Le Minerale. Air mineral ini memiliki kandungan mineral alami, seperti kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh.

Selain itu, Le Minerale juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Proses pengemasannya menggunakan sistem pengamanan ganda sehingga membuat mineral nya tetap terjaga sampai ke tangan konsumen. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga : 

4 Cara Mengatasi Bibir Kering & Pecah-pecah Secara Alami

6 Cara Tepat dan Efektif Membakar Lemak dalam Tubuh yang Bisa Kamu Coba

6 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Alami yang Bisa Kamu Tiru