gisadmin - 05 Mar 2019

Suka Pusing Setelah Olahraga? Ketahui 5 Penyebabnya!

Tidak sedikit orang yang sering mengalami pusing setelah berolahraga. Apa penyebabnya? Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini:

Tidak sedikit orang yang sering mengalami pusing setelah berolahraga. Padahal, olahraga justru bermanfaat untuk tubuh secara umum. Situasi ini pun membuat orang bertanya-tanya mengenai munculnya gangguan kesehatan yang satu ini. Penasaran? Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini:

Kurangnya Aliran Oksigen di Otak

Ketika seseorang berolahraga, maka otomatis otak akan membutuhkan oksigen lebih banyak dari biasanya. Tidak hanya itu, teknik pernapasan yang salah juga dapat berujung pada kepala pusing karena kurangnya oksigen dalam darah. Hasilnya, aliran oksigen ke otak pun mengalami pengurangan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya untuk menyesuaikan teknik pernapasan dengan olahraga yang dilakukan. 

Teknik Olahraga yang Salah

Siapa sangka, kurang tepatnya teknik olahraga bisa menjadi penyebab seseorang pusing sesudah olahraga. Pasalnya, situasi ini berujung pada tekanan otot leher dan bahu yang meningkatkan risiko pusing dan sakit kepala. Beberapa aktivitas seperti pemanasan dan lokasi olahraga pun penting untuk diperhatikan.

Gula Darah yang Menurun

Bagi mereka yang sering pusing selepas aktivitas fisik, bisa jadi situasi ini merupakan sinyal bahwa kadar gula darah yang menurun secara tiba-tiba. Beberapa tanda yang sering muncul, yakni antara lain keringat dingin, badan lemas, hingga gemetar. Turunnya kadar gula darah bisa jadi disebabkan oleh keadaan perut yang kosong. Olehnya itu, sebelum berolahraga ada baiknya untuk mengonsumsi makanan bergizi terlebih dahulu.

Tekanan Darah Rendah

Ketika berolahraga, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa lebih banyak darah ke pembuluh darah. Hal ini pun berujung pada melebarnya pembuluh darah yang berguna untuk menampung darah berlebih. Sayangnya, saat selesai olahraga jantung pun kembali berdetak normal dan pembuluh darah memerlukan waktu untuk menyesuaikan ke keadaan normal. Pada situasi inilah kepala akan sering mengalami pusing.

Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Hal terakhir yang bisa menyebabkan seseorang pusing, yakni terlalu lama terpapar sinar matahari saat berolahraga. Untuk mengatasinya, segera beristirahat di dalam ruangan dengan pencahayaan yang redup. Jika memungkinkan, kompres mata dengan kain yang dibasahi air dingin.

Nah, itu tadi beberapa penyebab pusing sehabis olahraga. Untuk mengatasi hal ini, pastikan dirimu mendapatkan air minum yang cukup berupa air mineral Le Minerale sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik.

Pasalnya, Le Minerale mempunyai beragam jenis mineral alami, yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh., serta.

Selain itu, Le Minerale juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh selama berolahraga dan beraktivitas sehari-hari.

Jangan lupa pula untuk memperbanyak konsumsi makanan sehat agar kinerja tubuh dapat tetap optimal. Aktif berolahraga, rajin minum air mineral, dan makan makanan sehat merupakan salah satu kampanye yang juga dijalankan oleh Le Minerale bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Program ini bernama Gerakan Indonesia Sehat (GIS) yang mengusung tiga pilar, yakni move right, drink right, dan eat right. Dengan melakukan tiga hal ini setiap hari, maka kamu tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat tapi juga membantu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat.