gisadmin - 10 Apr 2019

Cara Mudah Mengatur Pola Makan yang Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Ingin menurunkan berat badan dengan menerapkan pola makan sehat? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Mungkin ada dari kamu yang saat ini sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan. Jangan sembarangan ya dalam melakukannya. Pasalnya, bila salah menerapkannya justru bukannya berat badan ideal yang diperoleh, tapi malah mengganggu kesehatan kamu. Hal utama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan diet adalah tetap menerapkan pola makan sehat agar berat badan turun secara normal dan kesehatan tidak terganggu. Lalu, bagaimana cara diet untuk menurunkan berat badan dengan menerapkan pola makan sehat? Simak penjelasannya berikut ini.

Pilih Makanan yang Tepat dan Hindari Melewatkan Waktu Makan

Pola makan sehat untuk menurunkan berat badan yang pertama, konsumsilah makanan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Hindarilah mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan berlemak, karena dua makanan tersebut hanya akan menggagalkan diet harian. Perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk melengkapi nasi dan lauk-pauk ya. Yang perlu diingat harus mengatur porsinya dengan baik.

Porsi Kecil Tapi Sering

Aturan pola makan sehat untuk turunkan berat badan ini pasti sering kamu dengar dan memang banyak dilakukan. Biasanya, ketika sedang merasa lapar porsi menu utama menjadi lebih banyak dan bisa cenderung berlebihan saat mengonsumsinya. Nah, lakukanlah pola makan sehat dengan mengubah kebiasaan membagi porsi kecil untuk beberapa kali makan. Hal ini berguna untuk menjaga metabolisme tubuh tetap aktif dan bisa membantu mencegah keinginan untuk ngemil.

Perhatikan Porsinya Sesuai dengan Kebutuhan

Pola makan sehat untuk diet juga perlu mengatur porsi makanan tersebut. Tentu, ini tidak bisa sembarangan menghitungnya. Pedomannya, dalam satu kali makan, seimbangkan dengan semua zat gizi yang diperlukan tubuh, yakni ada karbohidrat, lemak, mineral, protein, dan vitamin. Jadi, konsumsilah makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, satu mangkuk sayur, dan jadikan buah sebagai selingan.

Sarapan Tinggi Protein

Menerapkan pola makan sehat jangan sampai melewatkan sarapan pagi yang tinggi protein agar kenyang bertahan lebih lama. Kamu bisa menambahkan asupan protein seperti putih telur ke dalam menu sarapan sereal.

Jadikan Sayur dan Buah Menjadi Camilan

Salah satu penyebab gagalnya penerapan pola makan sehat maupun diet adalah mengonsumsi camilan yang tidak sehat yang membuat tubuh mengubah kalori dalam camilan menjadi lemak. Memang buah dan sayur memiliki kalori, tapi tertolong berkat kandungan air dan serat dalam dua makanan tersebut yang baik untuk melancarkan pencernaan dan mampu menahan rasa lapar. Baiknya dalam mengonsumsi buah, jangan ditambahkan sirup atau pemanis buatan lainnya. Sementara sayur baiknya dimasak dengan dikukus atau direbus agar tak ada kalori tambahan.

Jangan Lupakan Konsumsi Serat

Kandungan serat dalam makanan mampu mengikat air dalam jumlah banyak, sehingga membuat sisa makanan mudah dicerna dan cepat dibuang. Dengan mengonsumsi serat, pencernaan akan lebih lancar sehingga pembuangan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Mengonsumsi Cairan yang Cukup

Kurangilah konsumsi air yang memiliki kandungan gula. Pola makan sehat baiknya biasakan mengonsumsi segelas air, setengah jam sebelum makan maupun jika rasa lapar datang. Bisa jadi, sinyal rasa lapar yang muncul bukan karena kamu memerlukan asupan makanan, tapi mungkin saja menandakan tubuh hanya merasa haus. Makanya, cobalah minum beberapa air mineral terlebih dulu dan tunggu hasilnya. Kebiasaan minum air putih juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Minumlah air mineral yang berkualitas seperti Le Minerale. Sebelum dan sesudah berolahraga, selalu pastikan dirimu mendapatkan air minum yang cukup. Salah satu air yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air yang mengandung mineral alami yakni Le Minerale yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk.

Air minum pegunungan ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Le Minerale pun mempunyai beragam jenis mineral alami, yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Selain itu, air mineral ini juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI)