gisadmin - 01 Jul 2019

6 Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Batuk pilek menjadi salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Untuk menghindarinya, berikut cara menjaga daya tahan tubuh supaya tidak sakit.

Beberapa penyakit yang sering dialami banyak orang di antaranya, sakit tenggorokan, migrain, diare, dan batuk pilek. Untuk batuk pilek atau yang sering disebut common cold, merupakan infeksi virus ringan yang terjadi pada hidung dan tenggorokan. Batuk pilek bisa diidap oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Infeksi virus penyebab batuk pilek mampu menyebar secara tidak langsung melalui tangan maupun langsung melalui percikan lendir dari saluran pernapasan pengidap. Jangka waktu virus penyebab batuk pilek, setelah virus masuk ke dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan keluhan, yakni 2-3 hari dan bisa menimbulkan gejala yang mengganggu setelah 2-3 hari setelah gejala muncul. Gejala berangsur pulih sampai sembuh total berbeda-beda setiap orang.

Tanda-tanda Batuk Pilek

Ada beberapa tanda batuk pilek yang biasanya terjadi, di antaranya:

  1. Daya penciuman dan pengecapan berkurang
  2. Mengalami bersin-bersin
  3. Demam (jarang terjadi)
  4. Hidung tersumbat
  5. Nafsu makan hilang
  6. Mata berair
  7. Wajah dan telinga terasa tertekan
  8. Pegal-pegal
  9. Nyeri pada telinga
  10. Sakit kepala
  11. Suara serak
  12. Tenggorokan gatal atau nyeri tenggorokan

Apakah Batuk Pilek dan Flu Sama?

Mungkin ada sebagian dari kamu yang menganggap jika batuk pilek (common cold) dan flu termasuk dua kondisi yang sama karena memiliki tanda yang hampir sama. Sebenarnya keduanya berbeda. Perbedaannya terletak dari gejala dan virus yang menjadi penyebabnya.

Batuk pilek disertai hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan gejala bersin, sementara flu jarang. Batuk pilek hanya menimbulkan nyeri ringan sementara flu juga disertai dengan adanya nyeri otot yang cukup berat. Batuk pilek ada yang disertai dengan sakit kepala ada yang tidak. Sementara pengidap flu, pasti akan mengalami sakit kepala. Batuk pilek jarang menimbulkan demam, sedangkan flu pasti disertai demam.

Cara Mudah Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Agar kamu tidak mudah terserang batuk pilek maupun penyakit lainnya, berikut cara menjaga daya tahan tubuh yang bisa ditiru.

  1. Mengonsumsi Makanan sehat. Perhatikan makanan apa saja yang kamu konsumsi setiap hari. Pastikan banyak sayur dan buah serta cukupi kebutuhan protein. Ingat, apa yang kamu makan, berpengaruh pada kesehatan kamu
  2. Melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan olahraga bisa meningkatkan kebugaran dan sistem imun sehingga tidak mudah terserang infeksi atau virus
  3. Tidak mengonsumsi alkohol dan merokok. Alkohol dan rokok bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Tubuh jadi rentan dimasuki virus dan infeksi
  4. Tidur yang cukup. Setiap hari kamu perlu mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia kamu sendiri. Remaja sebaiknya tidur selama 9-10 jam. Sementara orang dewasa perlu tidur sekitar 7-8 jam
  5. Hindari stres yang berlebihan. Stres yang tidak terkendali cenderung menambah produksi hormon kortisol. Bila hormon kortisol meningkat, dalam jangka panjang akan membuat imun tubuh menurun
  6. Cukupi kebutuhan cairan. Jika kebutuhan cairan tubuh cukup, maka bisa membantu kamu memiliki tubuh yang sehat

Dalam memilih air minum yang berkualitas tidak bisa sembarangan. Salah satu air mineral yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah Le Minerale. Pasalnya Le MInerale berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Proses pengemasannya menggunakan sistem pengamanan ganda sehingga membuat mineral nya tetap terjaga sampai ke tangan konsumen.

Di dalamnya terdapat kandungan mineral alami, yakni kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf. Selain itu, Le Minerale dikemas khusus sehingga menghasilkan botol yang keras sebelum dibuka dan aman dari pemalsuan.

Tidak hanya itu, Le Minerale juga mengandung bikarbonat (HCO3–) yang mampu menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).