gisadmin - 17 Dec 2018

5 Ciri Air Minum Berkualitas

Sumber mata air Le Minerale berasal dari air pegunungan pilihan yang menandakan air minum ini berkualitas. Selain itu, masih ada lagi ciri-ciri air minum berkualitas. Apa saja?

Air bersih dan sehat merupakan kebutuhan semua manusia sehari-hari. Air pun memiliki fungsi dan tujuan yang beragam, salah satunya untuk minum. Air minum pun ternyata tidak boleh sembarangan karena sangat berpengaruh terhadap tubuh.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi air minum berkualitas untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Nah, seperti apa sih ciri-ciri air minum yang berkualitas? Yuk, cek 5 daftarnya di bawah ini:

Tidak Berbau

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih air minum, yakni tidak adanya bau yang tercium. Pasalnya, air bersih yang normal memang tidak seharusnya memiliki bau apapun. Ketika air minum memiliki bau tertentu, maka bisa jadi air tersebut mengandung mikroorganisme seperti bakteri atau bahan organik yang mampu menghasilkan pembusukan.

Terlihat Jernih

Secara umum, air yang cocok untuk dikonsumsi adalah air yang terlihat jernih. Artinya, air tersebut tidak boleh berwarna sama sekali. Hal ini berlaku bagi air kemasan. Apabila air tersebut berwarna, bisa jadi mengandung senyawa berbahaya bagi tubuh. Sebagai contoh, air limbah pabrik dan air sumur yang tercemar.

Terbebas Dari Mikroorganisme dan Zat Berbahaya

Sebelum memilih sebuah air, jangan lupa untuk memerhatikannya secara detail tampilannya. Hal ini untuk menghindari adanya mikroorganisme serta zat-zat berbahaya lainnya. Beberapa senyawa yang seringkali mengkontaminasi air minum, yakni nitrat, timbal, arsenik, senyawa fenolik, dan senyawa sulfida.

Semua zat-zat tersebut tidak cocok bagi tubuh manusia karena bersifat racun. Tidak ada salahnya jika kamu membaca tabel kandungan di label yang tertera di kemasan air.

Terhindar Dari Zat Padat Terlarut

Salah satu yang mencirikan air minum berkualitas adalah terhindar dari zat padat terlarut. Senyawa ini merupakan bahan padat yang tertinggal dari residu penguapan dan pengeringan pada suhu 103–105 derajat celcius. Hal ini seringkali muncul pada portable water dan berdampak pada rasa tidak enak di lidah serta timbulnya rasa mual.

Ada Rasa Manis

Banyak orang yang menyangka bahwa air minum berkualitas adalah air yang hambar dan tidak memiliki rasa sama sekali. Sayangnya, hal ini salah kaprah karena air mineral yang berkualitas mengandung bikarbonat (HCO3–). Senyawa ini akan membuat air terasa manis. Bikarbonat sendiri ternyata dibutuhkan oleh tubuh untuk menetralisir asam basa dalam tubuh.

Salah satu air minum berkualitas dengan rasa manis adalah Le Minerale. Produk ini diproduksi oleh PT. Tirto Fresindo Jaya yang merupakan anak perusahaan dari PT. Mayora Indah, Tbk.  Kandungan Le Minerale lainnya, yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium yang berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium yang berkhasiat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Sumber mata air Le Minerale sendiri berasal dari air pegunungan pilihan dan disaring secara alami dari dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta bebatuan yang kaya akan mineral. Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System (MPS) tanpa disentuh oleh tangan manusia secara langsung.

Tidak hanya itu, Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).