gisadmin - 15 May 2018

Apakah Efek Minum Air Mineral yang Dicampur Batu Es Bagi Kesehatan Tubuh Manusia?

Terlalu sering mengonsumsi air mineral yang dicampur dengan batu es bisa memberikan efek negatif bagi jantung maupun pencernaan. Bagaimana bisa? Cek ulasan lengkapnya di sini.

Ketika sehabis mengonsumsi makanan pedas maupun mengalami cuaca yang cukup panas, apalagi ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, banyak orang yang memilih minum air mineral yang dicampur dengan batu es untuk menghilangkan rasa dahaga. Memang, sehabis mengonsumsi makanan pedas dan cuaca sedang panas apalagi kamu sampai berkeringat, minum air yang dicampur batu es akan terasa menyegarkan dan menggugah selera. Tapi sebenarnya apakah baik minum air es untuk kesehatan tubuh? Menarik untuk mengetahui apakah sebenarnya air mineral yang diberikan batu es baik untuk kesehatan atau tidak. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Sebenarnya, terdapat efek positif maupun negatif bagi kesehatan bila kamu meminum air mineral yang dimasukkan batu es. Efek positifnya yakni sehabis beraktifitas dan berolahraga biasaya suhu badan akan Dengan minum air mineral dingin dipercaya bisa menurunkan suhu panas dalam tubuh.

Sementara efek negatifnya air mineral yang dicampur es bisa merangsang saraf vagus yang merupakan saraf kranial kesepuluh yang menjadi bagian penting dari sistem saraf otonom tubuh. Fungsi saraf vagus, yakni untuk menyampaikan sinyal antara otak dan berbagai sistem tubuh yang mengatur tekanan darah, pencernaan, produksi glukosa, detak jantung, berbicara, berkeringat, dan aspek-aspek tertentu dari pernapasan.

Bila air bersuhu dingin masuk dalam tubuh, bisa membuat saraf vagus tidak bekerja normal dan menyebabkan denyut jantung turun. Selain itu, dengan minum air es juga bisa menghambat proses pencernaan makanan. Hal ini dikarenakan saat minum air es bisa membuat dinding usus menyempit dan otomatis bisa mengganggu proses penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus.

Perlu diketahui, jika pencernaan manusia dan berbagai sistem tubuh lainnya memerlukan kondisi tertentu supaya bekerja optimal dan suhu menjadi faktor penting untuk menentukan proses pencernaan berjalan dengan baik. Ketika makan, berbagai enzim pencernaan seperti amilase, lipase, dan pepsin akan dilepas.

Enzim-enzim tersebut memecah komponen makanan sehingga memudahkan tubuh untuk menyerapnya. Enzim-enzim tersebut juga memerlukan suhu tertentu agar bisa bekerja secara optimal. Maka dari itu, konsumsi makanan yang terlalu panas/dingin bisa menganggu aktifitas pencernaan yang mengakibatkan berbagai hal seperti rasa tidak nyaman, perut kembung, mual, perubahan pola buang air besar, dan lain-lain.

Selain kondisi alamiah tersebut, gangguan pencernaan juga bisa diakibatkan oleh batu es yang telah terkontaminasi bakteri patogen sehingga bisa menimbulkan penyakit. Batu es yang mengandung patogen adalah es batu yang tidak diolah ataupun disajikan dengan baik.

Penting untuk diketahui juga jika batu es tidak menyebabkan peningkatan berat badan karena batu es tidak mengandung kalori dan bebas gula. Meskipun begitu, gangguan pencernaan yang disebabkan oleh mengonsumsi batu es bisa menyebabkan perut terasa kembung atau penuh sehingga menimbulkan persepsi yang salah.

Melihat fakta ini, ada baiknya kamu tidak terlalu sering mengonsumsi air mineral dengan batu es, apalagi setelah makan. Sebaiknya, kamu mengonsumsi air mineral dengan suhu yang biasa saja karena bisa memberikan manfaat lebih baik bagi kesehatan tubuh.

Yang tak kalah penting, kamu harus memilih air mineral yang berkualitas untuk kamu konsumsi. Salah satu air mineral terbaik adalah Le Minerale buatan Mayora yang terbuat dari sumber mata air pilihan yang terfilter secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral.

Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Sumber mata air Le Minerale sangat berkualitas, karena mata air yang digunakan memiliki kandungan mineral alami yang memilliki banyak manfaat bagi tubuh, yakni kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Selain itu, ada kandungan bikarbonat (HCO3–) yang juga penting untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Tiap kemasan Le Minerale memiliki seal cap atau pembungkus tutup botol yang keras sebelum dibuka. Jadi tunggu apalagi, jadikan Le Minerale sebagai air minerale untuk dikonsumsi sehari-hari.