gisadmin - 28 Sep 2018

7 Khasiat Air Mineral Bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Air minum kemasan yang aman bagi ibu hamil dan menyusui adalah Le Minerale. Ada 7 khasiat air mineral yang bisa didapatkan, yakni sebagai berikut:

Keberadaan air mineral sebagai minuman untuk konsumsi sehari-hari merupakan hal yang wajib. Hal ini berlaku untuk semua orang dari berbagai kalangan usia. Pasalnya, lebih dari separuh tubuh manusia mengandung air dan mineral, tak terkecuali ibu hamil dan menyusui.

Bagi yang sedang menjalani dua fase ini, maka wajib untuk waspada dan hati-hati dengan segala hal yang dilakukan, termasuk minum air. Untuk konsumsi air sendiri, ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi air mineral.

Ada banyak khasiat air mineral yang bisa didapatkan selama menjalani proses tersebut. Apa saja? Yuk, simak 7 di antaranya berikut ini:

Mencegah Terjadinya Morning Sickness

Situasi yang sering dialami oleh ibu hamil di pagi hari adalah morning sickness. Kondisi ini ditandai dengan terjadinya mual dan muntah saat pagi. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya morning sickness ini, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi air putih secara teratur setiap hari, terutama di pagi hari.

Mencegah Dehidrasi

Salah satu gangguan yang sering dirasakan ketika hamil adalah sakit punggung dan sakit kepala. Hal ini dikarenakan oleh tubuh yang tidak mengalami dehidrasi. Mengonsumsi air mineral secara rutin dan teratur akan mengatasi gangguan kesehatan yang dapat muncul.

Memperkuat Janin

Meskipun saat hamil kantung ketuban yang terdapat di dalam tubuh akan melindungi janin, faktanya kantung ini diisi oleh air banyak air. Setiap satu jam, kantung ketuban membutuhkan sedikitnya satu gelas air agar dapat bekerja secara optimal memperkuat janin. Itulah kenapa ibu hamil diwajibkan untuk memperbanyak konsumsi air.

Menjaga Tekanan Darah

Pada trimester ketiga masa hamil, volume darah akan meningkat sebanyak dua kali lipat. Fungsi air mineral adalah untuk menjaga tekanan darah sebab darah akan mengental sehingga rentan terhadap hipertensi dan masalah kardiovaskular lainnya. 

Membantu Proses Penyerapan Makanan

Bagi ibu hamil dan menyusui mendapatkan asupan nutrisi akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatannya. Hal ini pun juga akan mendukung perkembangan janin agar dapat tetap sehat. Dengan mengonsumsi air mineral, maka akan membantu proses penyerapan makanan.

Menghilangkan Racun di Tubuh

Salah satu yang sering tidak disadari dari konsumsi makanan sehari-hari adalah racun. Faktanya, zat ini tidak hanya berbahaya bagi manusia normal, tapi juga bagi ibu hamil, janin, dan mereka yang sedang menyusui. Dibutuhkan air mineral setiap hari untuk menetralkan dan mengeluarkan racun-racun ini dari dalam tubuh.

Menjaga Kekuatan Tubuh

Setelah proses melahirkan, seorang ibu membutuhkan banyak asupan energi agar dapat kembali pulih. Pasalnya, setelah melahirkan ibu akan masuk ke dalam proses menyusui yang juga membutuhkan energi yang besar. Konsumsi air mineral akan menjaga kekuatan tubuh.


Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang harus diperhatikan bagi ibu hamil dan menyusui karena sangat berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran. Seperti yang kita ketahui, air mineral dalam kemasan saat ini merupakan salah satu pilihan masyarakat karena mudah didapat dan dapat sangat praktis untuk dibawa kemana saja saat kita beraktivitas. Namun, tahukah Kamu bagaimana cara memilih air mineral dalam kemasan yang berkualitas baik dan aman untuk di konsumsi? Berikut ulasannya untuk memilih air mineral dalam kemasan yang aman.

5 Cara Terbaik Memilih Air Mineral Dalam Kemasan Yang Berkulitas Baik Dan Aman


1. Pastikan Air Tidak Bewarna dan Bau

Jika membeli air mineral dalam kemasan pastikan air dalam kemasan berkualitas baik, dengan kondisi air tidak berwarna, tidak berbau. Warna air minum dalam kemasan yang baik dan aman tentunya harus bening. Jika air minum dalam kemasan tercium bau aneh usai kemasan dibuka biasanya berupa bau seperti air dari PAM atau PDAM bisa dipastikan air minum dalam kemasan terebut adalah palsu dan tidak berkualitas baik. Sementara itu air minum kemasan yang berkualitas dan aman adalah yang bewarna bening layaknya air segar dari daerah pegunungan 

2. Perhatikan Bentuk Kemasan

Sebelum kamu membeli air mineral dalam kemasan perhatikan bentuk kemasannya. Disarankan untuk tidak membeli air minum dalam kemasan jika bentuk kemasannya sudah rusak, penyok atau botol berbubah bentuknya meski masih tersegel. Melihat bentuk kemasan adalah cara yang paling mudah untuk melihat kualitas air. Lalu, jangan lupa jugau untuk memerika apakah ada atau tidak kebocoran pada bagian kemasan jika terjadi kebocoran walau sedikit saja akan menurunkan kualitas air. Selain itu perhatikan juga tanda Polyethylene Terephthalate (PETE) yang berbentuk segitiga pada bagian bawah kemasan air minum.

3. Laporkan Jika Kemasan Rusak

Jika Kamu menemukan air mineral dalam kemasan dalam keadaan rusak kamu bisa melaporkannya kepada pihak produsen, dan jika kamu jika kamu membelinya kamu juga dapat untuk menukarkan produk ke tempat pembelian jika barang yang dijualnya memiliki kemasan dalam kedaan rusak sehingga juga membantu pedagang untuk melaporkannya kepada pihak produsen

4. Lihat Komposisi Yang Terdapat Dalam Air Mineral Kemasan 

Setiap minuman kemasan harus memiliki daftar komposisi. Air minum kemasan yang baik dan aman tidak mengandung zat yang berbahaya. Untuk memilih air mineral dalam kemasan yang berkualitas dan aman pilihlah air mineral dalam kemasan yang mengandung kaya mineral yang baik untuk tubuh. 

5. Harus Terdaftar Atau Memiliki Izin Distribusi

Sebelum minuman dan makanan beredar di masyarakat setiap produk harus diakui dan terdaftar di Departemen Kesehatan. Air minum kemasan yang aman harus memiliki tanda izin yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan. Jika produk air mineral dalam kemasan tidak memiliki tanda BPOM makan dapat dipastikan air minum dalam kemasan tersebut adalah produk ilegal. Tanda yang terpadat pada produk makanan dan minuman yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan dinilai sebagai bahwa produk tersebut memenuhi syarat untuk distribusikan dan aman untuk dikonsumsi bagi masyarakat. 

Nah, salah satu air minum kemasan yang aman untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air yang mengandung mineral alami yakni Le Minerale yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk. Pasalnya, air minum pegunungan ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral.

Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung.

Kandungan air mineral Le Minerale yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Tidak cuma itu, Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).  Tiap kemasan Le Minerale memiliki seal cap dengan botol yang keras sebelum dibuka.

Baca Juga :

5 Manfaat Air Putih untuk Wanita Haid

12 Manfaat Minum Air Saat Perut Kosong

Khasiat Air Mineral Bagi Ibu Hamil