gisadmin - 25 Apr 2019

Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Bayam juga ada yang berwarna merah. Kira-kira apa saja manfaat bayam merah bagi kesehatan tubuh? Berikut ini informasinya.

Jika mendengar kata bayam, yang ada pada benak kamu pasti sayuran berwarna hijau yang memiliki banyak manfaat. Sebenarnya, bayam juga ada yang berwarna merah dan sama-sama memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Bayam merah ini bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim panas seperti di Indonesia. Bayam merah memiliki nama latin Amaranthus dubius dan ada pula juga yang menyebut bayam Cina. Warna sayuran ini sebenarnya berdaun dan berbatang merah keunguan. Warna tersebut berasal dari kandungan anthocyanin pada sayuran ini.

Kandungan yang Ada di Dalam Bayam Merah

Di dalam bayam merah terdapat kandungan seperti air, folat, karbohidrat kompleks, mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi.  Ada pula serat dan vitamin A, B, C, E, K. Kira-kira apa saja ya manfaat bayam merah untuk kesehatan? Yuk cari tahu jawabannya.

Baik untuk Tulang

Seperti yang disebutkan di atas, jika salah satu vitamin yang ada pada bayam merah adalah vitamin K. Makanya salah satu manfaat bayam merah adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Bila tubuh kekurangan vitamin K sejak dini, harap hati-hati karena bisa menyebabkan patah tulang dan osteoporosis dengan cepat di masa yang akan datang.

Membantu Mengontrol Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Jika sedang mencari makanan yang mampu mengontrol kadar gula darah dan kolestrol, kamu bisa mengonsumsi bayam merah. Pasalnya, bayam merah mampu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Sebagai Obat Demam

Ketika kondisi badan sedang demam, coba saja konsumsi bayam merah karena membantu mengatur suhu tubuh dan mempertahankan suhu normal. Alasannya bayam merah termasuk sayuran yang memiliki sifat antibakteri sehingga bisa menghilangkan virus penyebab penyakit.

Baik untuk Pengidap Anemia

Jika mengalami anemia, salah satu cara mengatasinya dengan mengonsumsi bayam merah. Di dalamnya ada kandungan zat besi yang tinggi yang bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin yang melancarkan aliran darah dan perkembangan aliran darah di dalam tubuh.

Melancarkan Proses Pencernaan dan Mengatasi Disentri

Di dalam bayam merah terdapat serat yang bertugas melancarkan sistem pencernaan. Serat sendiri berperan mengatur pergerakan usus dan mampu membersihkan kotoran yang ada pada usus besar. Tak hanya itu, batang bayam merah bisa diandalkan untuk mengobati disentri (radang usus). Kandungan antosianin pada bayam merah bisa menghilangkan bakteri penyebab disentri.

Memiliki Sifat Antikanker

Bayam merah juga mampu membantu melawan penyakit kanker. Ini didasari dari kandungan antioksidan  yang ada pada ekstrak bayam merah. Antioksidan ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ada pula kandungan kandungan asam amino, fosfor, magnesium, potasium, vitamin C dan E, serta zat besi yang mampu menghilangkan pertumbuhan sel kanker.

Memperlancar Aliran Darah

Ekstrak bayam merah dipercaya bisa merangsang pembentukan nitrat oksida alami pada tubuh yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan jantung, memperlancar aliran darah, membantu menurunkan tekanan darah, dan memperbaiki kelenturan pembuluh darah.

Itulah manfaat bayam merah bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Karena memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, bayam merah pun mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. Selain itu, kamu juga sangat disarankan untuk mengonsumsi air mineral berkualitas setiap hari.

Salah satu air mineral yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari adalah, Le Minerale. Pasalnya, air ini berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral.

Sumber mata airnya berasal dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Keadaan ini membuat Le Minerale mengandung mineral alami yang bermanfaat bagi tubuh, yakni kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit.

Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.  Bukan hanya itu, Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.