gisadmin - 10 Apr 2019

Penasaran dengan Buah Plum? Ini 7 Manfaatnya Bagi Kesehatan!

Buah pulm ternyata ada banyak sekali khasiat yang bisa diperoleh. Berikut manfaat buah plum bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Mungkin kamu belum familiar dengan buah plum. Makanan yang sehat satu ini ada yang berwarna merah, ada juga yang warnanya ungu.  Bisa dikonsumsi dalam bentuk buah segar, jus, atau yang dikeringkan. Karena sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Di dalam buah plum terdapat beberapa kandungan seperti vitamin C, vitamin B, dan vitamin K, mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, fluoride. Tidak hanya itu, ada juga antioksidan (beta-carotene, vit. A, E, lutein, fenol yang jumlahnya tinggi pada buah plum dan olahannya.

Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi

Buah plum memiliki kandungan anthocyanins yang tinggi, yang merupakan salah satu senyawa phenols yang membuat nutrisi plum bisa diserap oleh usus kecil dan usus besar dengan mudah dan kemudian mengalir dalam urine. Anthocyanins mempunyai efek antioksidan alami yang baik untuk kesehatan, yakni mampu mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes, dan obesitas. Bisa juga sebagai efek anti-radang.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat buah plum mampu mencegah sembelit. Berkat kandungan serat di dalamnya yang membantu memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga meminimlisir terjadinya risiko wasir maupun kanker usus besar.

Menurunkan Gula Darah

Plum termasuk buah-buahan yang memiliki tingkat indeks glikemik rendah. Hal ini menandakan jika, makanan-makanan ini bisa membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga mengurangi risiko mengidap diabetes tipe 2.

Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

Untuk mencegah terjadinya kanker usus besar, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Nah, seperti yang dijabarkan di atas jika buah plum menjadi salah satu makanan yang memiliki antioksidan. Bila mengonsumsi buah plum kering bisa meningkatkan populasi bakteri baik di usus besar. Kondisi ini, mampu mengurangi risiko kanker usus besar.

Mencegah Anemia

Salah satu gejala dari pengidap anemia adalah kulit pucat, kelelahan, sesak napas, dan mudah tersinggung, adalah tanda-tanda anemia ringan. Anemia bisa dialami karena tubuh tidak memiliki asupan sel darah merah yang cukup. Zat besi merupakan kandungan yang dipercaya membantu membuat sel darah merah yang sehat. Nah, salah satu manfaat buah plum adalah mengandung sumber zat besi.

Menjaga Kesehatan Jantung

Zat pewarna alami buah plum, yakni antosianin mampu melindungi tubuh dari kanker dan menetralkan radikal bebas yang berbahaya. Selain itu manfaat buah plum karena mengandung kalium yang pentingbagi fungsi tubuh. Mineral ini mampu membantu memelihara kontraksi otot jantung, tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke, impuls saraf, dan irama jantung. Tubuh sendiri tidak bisa menghasilkan kalium secara alami. Maka dari itu, bila Anda rutin mengonsumsi plum atau versi jusnya akan sangat membantu memenuhi kebutuhan harian kalium tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Serat buah plum mengandung asam propionat yang termasuk jenis serat tidak larut. Asam propionat sendiri memiliki sifat penurun kolesterol yang mampu menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang menjadi pemicu produksi kolesterol oleh hati.

Asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan cara mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu sendiri merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari kolesterol.

Nah, itu tadi 7 manfaat buah plum untuk kesehatan. Selain mengonsumsi buah plum, jangan sampai lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan ya, salah satunya dengan mengonsumsi air mineral seperti Le Minerale.

Air Le Minerale adalah air minumpegunungan yang berasal dari sumber mata air pilihan dan disaring secara alami ke dalam tanah dan melewati berbagai lapisan bumi serta batuan yang kaya akan mineral. Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Setiap kemasannya memiliki seal cap dengan botol yang keras sebelum dibuka.

Kandungan air mineral Le Minerale yakni antara lain kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh, serta potasium bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf.

Le Minerale juga melengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang mampu menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Le Minerale pun telah mendapat izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan tersertifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).