gisadmin - 10 Apr 2019

7 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kentang menjadi salah satu makanan yang cukup digemari. Tahukah kamu jika terdapat 7 manfaat kentang bagi kesehatan. Apa saja itu? Ini jawabannya.

Kentang memang mengandung karbohidrat tinggi dan sering dianggap menjadi penyebab naiknya berat badan. memang hal tersebut ada benarnya, apalagi bila dikonsumsi berlebihan. Kentang yang harus dihindari bila disajikan dengan cara digoreng, diberi taburan keju, krim asam, atau mayonais. Justru cara-cara tersebut malah membuat kentang kehilangan sifat-sifat baiknya.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsinya. Terdapat beberapa manfaat kentang yang bisa kamu peroleh bila tahu cara yang tepat mengonsumsinya dan tidak berlebihan. Sebagai informasi.

7 manfaat kentang bagi kesehatan.

Menurunkan Berbagai Risiko Penyakit

Manfaat kentang salah satunya bisa membantu menurunkan berbagai risiko penyakit. Alasannya karena di dalam kentang terdapat kandungan kaya vitamin C di mana vitamin ini menjadi salah satu antioksidan yang mampu menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat dari vitamin C sendiri baik untuk sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, memperbaiki jaringan tubuh, dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Membantu Penurunan Berat Badan

Kamu pasti pernah mendengar jika salah satu manfaat kentang, yakni membantu menurunkan berat badan. Hal ini diperoleh dari kandungan serat dalam kulit yang mampu melancarkan pencernaan. Kentang mengandung pati dan serat yang bagus bagi bakteri baik di usus besar dan mampu memelihara kesehatan saluran pencernaan. Pati yang ada pada kulit kentang membantu mengontrol gula darah.

Menurunkan Tekanan Darah

Kebanyakan orang biasanya ketika hendak memasak kentang akan mengupas kulitnya. Padahal, di dalam kulit kentang mengandung banyak kalium bahkan lebih banyak daripada yang ada pada buah pisang yang mampu membantu menurunkan tekanan darah, dan meminimalisir terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Mencegah Risiko Keguguran dan Cacat pada Bayi

Kentang memiliki manfaat, salah satunya banyak mengandung asam folat. Kandungan ini bagus untuk wanita yang sedang menjalankan program kehamilan atau sedang hamil. Pasalnya, bila dalam kondisi tersebut sebaiknya dianjurkan mengonsumsi banyak asam folat. Asam folat sendiri merupakan bentuk sintetik dari folat. Keduanya sama-sama baik dan memiliki fungsi yang sama untuk kesehatan di mana dapat mencegah risiko keguguran dan cacat pada bayi.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kentang mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Memang di dalam kentang terdapat serat yang tidak tinggi, namun jangan salah serat tersebut membantu memperlancar jalannya sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Memecah Nutrisi Menjadi Energi

Di dalam kentang terdapat kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi. Vitamin ini memiliki fungsi untuk memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino, di mana sebagai bahan bakar atau sumber energi bagi tubuh. Vitamin B6 juga berperan dalam membantu produksi antibodi, memelihara kesehatan saraf, pembentukan sel darah, atau zat kekebalan tubuh dan menunjang pencernaan protein.

Membatasi Selera Makan dan Memasok Serat

Dalam menurunkan dan mengelola berat badan diperlukan serat pangan yang berfungsi sebagai pengganjal perut sehingga bisa menunda rasa lapar. Nah, manfaat kentang mampu serat dan menyediakan serat dan mengurangi selera makan.

Cara Mengolah Kentang

Bila salah mengolah kentang malah akan menghilangkan kandungan gizi kentang. Nah, cara mengolah kentang yang dianggap sehat, yakni dengan merebus, mengukus, atau memanggangnya untuk menjaga nutrisi pada kentang. Namun kentang yang direbus menjadi salah satu makanan paling mengenyangkan. Kondisi kenyang setelah mengonsumsi kentang, akan membuat kamu menahan diri untuk makan lebih banyak.

Tapi, sebaliknya, bila kamu mengolahnya dengan menggoreng untuk dijadikan keripik atau kentang goreng, bisa membuat kentang mengandung kalori berlebihan. Kalori inilah yang menjadi biang keladi kenaikan berat badan.

Saran tambahan, mengonsumsi kentang baiknya tanpa mengupas kulitnya untuk memaksimalkan kamu memperoleh kandungan gizi kentang. Pasalnya seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika banyak kandungan bermanfaat seperti mineral, serat, vitamin, lebih banyak terdapat pada kulit kentang.