01 Jul 2019

Masih Banyak yang Belum Tahu! Ini 4 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan

Roti gandum dianggap lebih sehat dari pada roti tawar putih karena memiliki banyak manfaat. Berikut manfaat roti gandum yang perlu diketahui.

Jika diminta untuk memilih antara roti putih dan roti gandum mana yang akan kamu pilih? Sebagian besar orang lebih menyukai roti putih daripada roti gandum. Hal ini dikarenakan dari segi rasa roti putih lebih enak, harga terjangkau, dan mudah diperoleh di pasaran. Sementara roti gandum biasanya tersedia di supermarket saja atau took roti tertentu dan harganya lebih mahal.

Selain itu, dari sisi tekstur roti putih dan roti gandum juga berbeda. Roti putih memiliki tekstur yang lembut sementara roti gandum lebih kasar, karena masih terdapat kulit ari gandum.

Meski demikian, roti gandum lebih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan daripada roti putih. Apa saja ya manfaatnya? Berikut ini informasinya.

Meminimalisir Terjadinya Penyakit

Roti gandum bermanfaat untuk meminimalisir risiko seseorang mengidap beberapa jenis kanker, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2 (roti gandum memiliki gula darah yang rendah sehingga aman untuk pengidap diabetes).

Nutrisi yang Lengkap

Pada roti gandum terdapat tiga lapisan, yaitu dedak, endosperma, dan benih. Sementara pada roti putih dedak dan benih dibuang, sehingga sebagian nutrisi penting yang ada di dalamnya ikut terbuang. Roti tawar putih terbuat dari tepung gandum putih yang berasal dari biji gandum yang hanya mengambil bagian endosperma-nya dan dimasukkan bahan pemutih.

Roti gandum mengandung banyak nutrisi seperti antioksidan, folat, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, mineral termasuk zat besi, protein, sodium, vitamin B, vitamin E, vitamin K, dan zinc. Selain itu, roti gandum termasuk makanan yang bebas kolesterol dan rendah lemak, sehingga tidak akan menaikkan berat badan.

Memiliki Serat yang Tinggi

Di dalam roti gandum terdapat kandungan serat yang tinggi daripada roti putih. Seperti diketahui, serat sendiri termasuk kandungan yang cukup penting bagi kesehatan pencernaan. Serat mampu mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan melancarkan gerakan usus, sehingga memperlancar buang air besar.

Aman untuk Asupan Diet

Roti gandum juga mengandung karbohidrat dan lemak yang sedikit daripada roti putih. Maka dari itu, makanan yang satu ini sangat bisa diandalkan bagi kamu yang sedang diet.

Itulah manfaat roti gandum untuk kesehatan. Perlu diingat, meskipun lebih sehat dari roti tawar putih, bukan menandakan kamu bisa mengonsumsi roti gandum secara berlebihan. Sebaiknya, bila ingin mengonsumsi roti gandum, disajikan dengan sayuran dan sebutir telur, daripada selai manis, meses, atau mentega yang lebih banyak memiliki kandungan kalori dan lemak.

Selain itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak mengonsumsi air mineral seperti Le Minerale. Minuman yang satu ini memiliki kandungan mineral alami, seperti kalsium yang berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit, magnesium berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung, sodium untuk membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh.

Selain itu, Le Minerale juga mengandung potasium yang bermanfaat untuk membantu fungsi otot dan saraf serta kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

RELATED ARTICLE

01
Feb

Alasan Mengapa Le Minerale Berhasil Menangkan Awards Jadi Pilihan Bunda dan Keluarga

Air minum tentu saja merupakan kebutuhan pokok setiap keluarga. Faktanya, tidak semua air minum baik dan memiliki kualitas baik. Lewat survei yang dilakukan HaiBunda, Le Minerale terpilih sebagai air mineral yang dipercaya oleh para Ibu di Indonesia hingga memenangkan Kategori Pilihan Bunda untuk Keluarga lewat gelaran Pilihan Bunda Awards 2023.
07
Dec

Le Minerale 100% Produk Nasional, Kepemilikan dan Karyawan 100% Indonesia

JAKARTA , 14 NOVEMBER - PT Tirta Fresindo Jaya, selaku produsen air kemasan bermerk Le Minerale, menyatakan bahwa merupakan perusahaan yang 100% Indonesia. “Kepemilikan kami 100% Indonesia, karyawan kami 100% warga negara Indonesia, dan produk perusahaan kami, baik dalam kemasan botol maupun galon, sepenuhnya diproduksi di Indonesia, dan telah mendapat tempat di hati konsumen Indonesia. Justru produk kami merupakan kebanggaan Indonesia karena berhasil melakukan ekspor ke berbagai negara," ungkap Marketing Director Le Minerale, Febri Satria Hutama.
01
Dec

TNI Angkatan Laut Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan Berupa Makanan dan Minuman Produk Lokal Indonesia untuk Warga Palestina di Jalur Gaza

Surabaya - TNI AL bekerjasama dengan pihak swasta dan pemerintah daerah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina yang menjadi korban di jalur Gaza. Bantuan yang akan dibawa berupa makanan dan terutama air mineral yang saat ini sangat dibutuhkan oleh warga Palestina.