gisadmin - 26 Mar 2018

Pentingnya Konsumsi Air Putih Secara Rutin Demi Jaga Kesehatan Ginjal

Mengonsumsi air putih secara terus menerus setiap hari tidak boleh dianggap remeh. Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dari air putih. Jika dibandingkan dengan minuman jenis lain seperti soft drink, air putih masih jauh lebih sehat.

Pasalnya, soft drink merupakan minuman yang memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi sehingga berpotensi menambah berat badan. Begitu pula dengan minuman berenergi serta jus buah kemasan yang menjadi favorit banyak orang.

Salah satu khasiat air putih bagi tubuh adalah untuk menjaga kesehatan ginjal. Adapun beberapa fungsi ginjal antara lain menyaring limbah tubuh seperti zat kimia, obat-obatan, dan makanan yang ada di dalam darah, menjaga keseimbangan kadar garam, mineral, serta cairan, dan menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D agar kesehatan tulang tetap terjaga.

Seperti apa saran minum air putih yang baik untuk ginjal?

Minum Air Secukupnya

Mengonsumsi air putih dengan cukup sesuai kebutuhan tubuh sangat disarankan. Kebutuhan tubuh ini terkait erat dengan berat badan seseorang. Mereka yang memiliki berat badan yang lebih besar membutuhkan air minum lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang berberat badan ringan.

Faktor lainnya adalah menyesuaikan dengan keadaan seperti aktivitas fisik, cuaca, diet, dan kondisi kesehatan. Ada baiknya minum air putih tepat ketika haus karena hal ini merupakan penanda bahwa tubuh kamu  membutuhkan air.

Minum Air Secara Bertahap

Dalam mengonsumsi air putih, ada baiknya kamu melakukannya secara bertahap dan tidak sekaligus. Misalnya, satu gelas setelah bangun tidur, satu gelas sebelum dan sesudah sarapan, satu gelas sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas sebelum dan sesudah makan malam, serta satu gelas sebelum tidur.

Lantas, air putih seperti apa yang baik untuk dikonsumsi?

Menurut World Health Organization (WHO) manusia membutuhkan air mineral agar tubuh dapat bekerja secara optimal. Pasalnya, di dalam air mineral terkandung Magnesium (Mg) yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, Potassium (K) untuk membantu fungsi otot dan saraf, Calcium (Ca) yang membantu memelihara kesehatan tulang, dan Sodium (Na) yang berguna untuk membantu pengaturan cairan di dalam darah serta jaringan tubuh.
Sedangkan, kriteria air berkualitas antara lain tidak berwarna, tidak berbau, tidak mengandung micro-organism yang berbahaya, serta tidak mengandung logam berat. Adapun air mineral terbaik yang sebaiknya kamu konsumsi adalah Le Minerale yang memiliki kandungan mineral tambahan berupa Bikarbonat (HCO3—) yang penting untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Le Minerale merupakan air mineral yang bersumber dari mata air pegunungan terpilih yang diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah. Selain itu, Le Mineral juga langsungdibotolkan dari sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System tanpa tersentuh tangan manusia.
Proses pengolahan dengan teknologi tinggi ini melindungi kandungan mineral alami di dalamnya. Pada penutup botol terdapat pembungkus tutup botol (seal cap) untuk mencegah pemalsuan dan menjaga kualitas kandungan air mineralnya sehingga tetap utuh sampai ke tanganmu.

Selain memenuhi konsumsi air putih berupa air mineral Le Minerale sehari-hari, kamu pun sebaiknya mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan ginjalmu. Hindari pula rokok serta minuman beralkohol. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat.

Baca Juga :

Manfaat Air Pergunungan dari Sumber Mata Air Le Minerale

10 Gerakan Mengecilkan Perut yang bisa dilakukan dimana saja

3 Fakta Menarik Le Minerale yang Perlu Diketahui