gisadmin - 10 Apr 2019

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Air Minum untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Baik nutrisi ibu hamil dan menyusui sama-sama harus tercukupi dengan baik, tak terkecuali kebutuhan air minum, khususnya air mineral. Berikut informasi pentingnya memenuhi kebutuhan air mineral bagi ibu hamil dan menyusui.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil maupun menyusui pastinya berbeda dengan orang yang tidak mengalami keduanya. Asupan nutrisi yang dimaksud tak terkecuali air mineral yang ikut memberikan energi dan dibutuhkan dalam jumlah besar bagi tubuh. Pada umumnya orang normal membutuhkan asupan air mineral sebanyak 2 liter per hari.

Sementara untuk ibu hamil diperlukan 2,5 liter dan ibu menyusui 3,1 liter per hari untuk mendukung gizi anak. Untuk nutrisi ibu hamil kebutuhan air diperlukan agar mencukupi produksi air ketuban yang melindungi bayi pada janin. Sekadar informasi, air ketuban berasal dari urin bayi yang berasal dari nutrisi yang cukup dari ibu. Maka dari itu, agar produksi air ketuban tercukupi, ibu hamil harus mengonsumsi lebih banyak air.

Selain itu, kebutuhan air pada ibu hamil diperlukan untuk membantu membawa vitamin dan mineral ke dalam darah, tubuh menyerap nutrisi penting, membawanya ke dalam sel plasenta, dan mendukung sirkulasi janin. Dengan tercukupinya kebutuhan air pada ibu hamil membantu meminimalisir keluhan, seperti mual, muntah, menghidrasi kulit kering, konstipasi atau sembelit, mengurangi sakit kepala, mengurangi pembengkakkan pada kaki, dan menghindari infeksi saluran kemih bagian bawah.

Sebaiknya dianjurkan untuk minum sebelum haus. Bila rasa haus muncul, maka tubuh akan mengalami hypovolemia (mengalami penurunan volume darah yang disebabkan karena kehilangan darah maupun cairan tubuh) ringan. Bila jumlah air yang dikonsumsi ibu hamil itu kurang, bisa memberikan efek buruk bagi tumbuh kembang janin, seperti menghambat perkembangan janin, janin tidak aktif bergerak, berisiko lahir kecil, menimbulkan kelainan anatomi atau cacat, dan yang lebih parah berujung hilangnya nyawa bayi.

Sementara untuk ibu menyusui, kebutuhan air minum juga harus banyak agar membantu mencukupi kebutuhan air susu ibu (ASI) dan kualitas ASI cenderung baik. Untuk ibu menyusui diperlukan sebanyak 3,1 liter (13 gelas) setiap harinya. Saran umum untuk ibu menyusui minumlah segelas air setiap kali sebelum dan sehabis makan serta setiap kali menyusui.

Agar nutrisi ibu hamil dan ibu menyusui khususnya untuk air mineral tercukupi, kamu bisa menyediakan selalu botol minum atau gelas berada di dekat kamu misalnya di kamar tidur, dapur, meja kerja, kendaraan, atau ruang bersantai. Hal ini agar kamu lebih mudah menjangkaunya ketika hendak minum dan bisa sebagai pengingat minum karena bisa jadi kamu lupa untuk minum karena aktivitas yang dijalani. Perlu juga membiasakan untuk minum paling tidak satu gelas air setiap 1-2 jam.

Untuk urusan air mineral pilihlah yang berkualitas seperti Le Minerale. Pasalnya, Le Minerale sendiri adalah air minum dalam kemasan yang bersumber dari mata air pegunungan yang kaya akan mineral alami yang melewati berbagai lapisan bumi serta bebatuan yang kaya akan mineral.

Kandungan mineral alami yang ada di dalamnya bermanfaat bagi tubuh, seperti kalsium berfungsi untuk memelihara kekuatan tulang dan kesehatan kulit. Magnesium berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sodium membantu mengatur cairan dalam darah dan jaringan tubuh. Potasium berfungsi untuk membantu fungsi otot dan saraf.  Bukan hanya itu, Le Minerale juga dilengkapi kandungan bikarbonat (HCO3–) yang berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya dengan menggunakan Mineral Protection System tanpa disentuh oleh tangan manusia secara langsung.