gisadmin - 30 Aug 2018

6 Tips Menghilangkan Stres di Kantor

Ketika stres melanda saat kamu bekerja di kantor, kamu sebaiknya perlu melakukan 6 tips menghilangi stres di kantor ini agar mengembalikan performa kamu.

Tuntutan dan tekanan pekerjaan yang makin hari meninggi di tempat kerja lama kelamaan bisa membuat orang stres di kantor. Jika sudah begitu, stres bisa menurunkan performa kerja sehingga pekerjaan kamu tidak maksimal. Tentu hal ini bisa menimbulkan masalah dengan rekan kerja maupun atasan, karena dianggap tidak serius dalam bekerja. Untuk itu, kamu harus bisa menangani stres ketika datang. Kamu bisa mengikuti tips menghilangkan stres di kantor berikut ini.

Ketika Stres Muncul di Kantor, Alihkan Pikiran Sejenak

Tips menghilangkan stres di kantor yang pertama adalah dengan membiarkan pikiran untuk memikirkan hal yang lain sejenak agar membuat pikiran menjadi lebih jernih dan bersemangat kembali. Jangan memaksakan diri untuk berpikir terlalu berat di tempat kerja karena bisa membuat kamu semakin stres. Sebagai rekomendasi, bila kamu memiliki waktu luang sedikit saja, luangkanlah waktu untuk melakukan aktivitas favorit untuk membaca artikel lucu, menggambar, atau menulis guna menghilangkan stres di kantor.

Atur Waktu dan Prioritas Dengan Baik

Kamu perlu membuat jadwal kerja yang seimbang, yakni dengan mencoba mencari keseimbangan antara pekerjaan, aktivitas sosial, kehidupan keluarga, dan kegiatan kamu. Sebaiknya, berangkat ke tempat kerja 10-15 menit lebih awal untuk mempermudah hari kamu. Kamu perlu juga menetapkan batas-batas yang sehat. Tak jarang ada banyak orang yang pada akhirnya merasa tertekan karena selalu stand by 24 jam sehari untuk bekerja. Bila sudah begini, kamu termasuk dalam kategori gila kerja alias workaholic. Tentunya, kondisi ini bisa merugikan kesehatan fisik dan mental kamu sendiri.

Istirahat yang Cukup

Terkadang dengan banyaknya pekerjaan,  bisa menurunkan produktivitas di tempat kerja. Selain itu, bila kurang tidur juga bisa menurunkan konsentrasi dan kemampuan memecahkan masalah. Ingatlah, semakin baik kamu beristirahat, maka membuat kamu semakin baik menghadapi tanggung jawab pekerjaan di tempat kerja dan mengatasi tekanan di tempat kerja.

Sebisa mungkin matikan layar televisi, komputer, atau smartphone sekitar satu jam sebelum tidur. Hal ini dikarenakan cahaya yang dipancarkan dari layar gadget bisa menekan produksi melatonin tubuh dan mengganggu tidur kamu. Sebelum tidur sebaiknya kamu melakukan aktivitas yang menenangkan seperti mendengarkan musik dengan lampu kamar yang redup, berdoa, atau bermeditasi.

Olahraga

Menghilangkan stres bisa juga dengan melakukan olahraga secara rutin, yakni dengan meningkatkan detak jantung kamu dan membuat berkeringat. Dengan cara ini dianggap baik untuk meningkatkan energi dan memperbaiki mood. Dengan berolahraga juga bisa meningkatkan aliran ke seluruh tubuh dan ke otak. Hal ini bisa membuat kamu berpikir lebih jernih dan membuat kamu bisa lebih baik lagi  saat bekerja.

Pergi Keluar untuk Makan Siang

Tips menghilangkan stres di kantor juga bisa dengan pergi keluar untuk makan siang. Pergi keluar untuk mendapatkan udara segar dan bersantai bisa membantu kamu menghilangkan tekanan dan memberi waktu untuk kamu refreshing sejenak dan memulihkan diri serta pikiran.

Pengaturan Makan

Jangan salah, pilihan makanan bisa memberikan dampak besar pada suasana hati kamu saat bekerja. Sebisa mungkin jangan mengonsumsi kafein, alkohol, lemak trans, dan pengawet makanan. Karena makanan dan minuman tersebut bisa mengacaukan mood kamu.  Selain itu, kamu perlu menghindari nikotin ketika sedang stres di kantor. Hindari pula kebiasaan merokok. Pasalnya, ada sebagian orang yang ketika sedang merasa stres lebih memilih melampiaskannya dengan merokok.

Hal ini dikarenakan merokok dianggap mampu menenangkan. Padahal sebenarnya, nikotin menjadi stimulan yang kuat dan menyebabkan tingkat kecemasan semakin tinggi, bukannya meredam. Sebaiknya, kamu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3  seperti ikan salmon, makarel, rumput laut, kacang kedelai, ikan tuna, telur, dan kacang kenari untuk memberi dorongan pada suasana hati kamu semakin baik. 

Bukan hanya itu, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan juga. Karena bila kamu mengalami stres, bisa jadi kamu lupa  untuk mengonsumsi air minum. Minum air yang cukup terutama air mineral untuk mencegah sakit. Kamu perlu mencukupi kebutuhan air minum dan letakkan di meja kamu, sehingga bisa meminumnya ketika kamu membutuhkannya.

Air mineral sendiri baik untuk tulang rawan manusia di sekitar sendi supaya tetap terhidrasi dan fleksibel dengan baik. Air mineral juga bisa membantu menjaga jaringan saraf untuk menghindari kram atau cedera.

Baca Juga : Pentingnya Minum Air Mineral Saat Di Kantor 

Yang perlu diingat, kamu perlu mengonsumsi air mineral sehat, untuk melengkapi kebutuhan cairan dalam tubuh kamu. Saat ini sudah banyak air mineral sehat yang banyak tersedia di pasaran. Salah satu air mineral sehat adalah Le Minerale. Sumber mata air Le Minerale berasal dari mata air pegunungan terpilih, di mana sumber mata air Le Minerale diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system.

Hal ini untuk melindungi kandungan mineral alaminya yang ditandai dengan kerasnya botol sebelum dibuka dan diproduksi tanpa tersentuh tangan manusia secara langsung. Jangan lupa untuk menyediakan air mineral sehat seperti Le Minerale di atas meja kerja, ya. Selama bekerja, kebutuhan cairan dalam tubuh juga tetap harus terpenuhi.

RELATED ARTICLE

04
May

Air Mineral Berkualitas, Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

Memasuki bulan Ramadan, umat Muslim tetap antusias menjalankan kewajiban ibadah puasa di tengah kegentingan pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia. Kebiasaan sehari-hari menjadi berubah menyesuaikan situasi terkini.
09
Dec

Khasiat Air Kelapa dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh yang Penting

Indonesia yang memiliki iklim tropis memang dikenal memiliki banyak buah-buahan segar dan menyegarkan semua orang saat memakan atau meminumnya. Hal ini disebabkan karena daerah ini mendapatkan paparan sinar matahari lebih banyak setiap harinya.
09
Dec

Manfaat Putih Telur Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Hampir setiap orang pasti sering menggunakan telur sebagai bahan masakannya menjadi sebuah hidangan menarik lainnya. Telur sendiri memang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dengan cita rasa yang disukai oleh banyak orang.