gisadmin - 30 Aug 2018

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Menerapkan 6 Tips Berikut Ini

Ginjal menjadi salah satu organ dalam tubuh yang perlu dijaga kesehatannya. Berikut 6 tips menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu ikuti.

Salah satu organ dalam tubuh yang memiliki peran vital adalah ginjal yang berfungsi membersihkan racun dan mengeluarkan kotoran dari darah, mempertahankan volume dan komposisi cairan tubuh, dan mengeluarkan hormon yang membantu produksi sel darah merah. Bila ginjal tidak dipelihara dengan baik, bisa membuat ginjal menjadi rusak dan mengakibatkan komplikasi mulai dari kerusakan saraf, penyakit kardiovaskuler, dan kerusakan kelenjar paratiroid.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, yang perlu dilakukan, yakni menghindari faktor yang bisa memperbesar risiko dari penyakit ginjal. Kamu perlu melakukan gaya hidup sehat yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit ginjal. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Makan Makanan yang Sehat

Ginjal bisa terganggu apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet. Selain itu, minuman seperti teh atau kopi jika terlalu sering diminum setiap hari lama kelamaan bisa melakukan pembentukan batu ginjal. Maka dari itu, kamu perlu memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah untuk mencegah timbulnya penyakit. Konsumsilah makanan yang segar dan hindari mengonsumsi makanan rendah seperti snack kemasan yang mengandung banyak garam.

Jangan Mengonsumsi Obat Secara Berlebihan

Sebagian obat-obatan tanpa resep seperti obat-obat generik bisa mengakibatkan kerusakan ginjal bila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Jika ginjal kamu sehat dan minum obat-obatan jenis tersebut dalam waktu singkat, tentunya hal tersebut tidak membahayakan kesehatan tubuh. Namun, bila kamu mengonsumsinya untuk mengatasi nyeri kronis atau radang sendi, kamu perlu minta dokter untuk mengecek fungsi ginjal atau cari alternatif lain untuk mengatasinya.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur bisa mencegah darah tinggi dan kenaikan berat badan. Kendati demikian, jangan berlebihan melakukan olahraga karena tidak semua olahraga bisa dilakukan dalam beberapa kondisi. Bila berlebihan melakukan olahraga bisa membebani ginjal terutama jika kamu melakukan olahraga terlalu banyak bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot.

Jaga Tekanan Darah dan Gula Darah

Jangan salah, pengidap diabetes berpotensi merusak ginjalnya karena terlalu banyak gula di dalam darah. Bagi kamu yang menggunakan insulin, memantau kadar gula darah secara mandiri disarankan  dilakukan sebelum makan, dua jam setelah makan, saat mau tidur, sebelum berolahraga, atau saat akan mengemudi. Bila kamu hanya menggunakan obat-obat antidiabetes, kamu bisa mengecek gula darah sebanyak 1–2 kali sehari atau saat akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berisiko.

Pengidap hipertensi pun juga demikian. Hal ini dikarenakan darah mengalami tekanan lebih tinggi. Bila hipertensi tidak terkontrol, bisa menyebabkan arteri di sekitar ginjal ini melemah, menyempit, dan mengeras. Adanya kerusakan pada arteri ini bisa menghambat darah yang diperlukan oleh jaringan pada ginjal. 

Stop Merokok

Lama kelamaan, kebiasaan merokok bisa merusak pembuluh darah dan membuat aliran darah berkurang mengalir ke ginjal. Bila ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, maka mereka tidak berfungsi dengan baik. Merokok juga meningkatkan risiko tekanan darah tinggi serta risiko kanker ginjal.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kamu bisa memenuhi kebutuhan ini lewat berbagai cara, seperti rutin mengonsumsi air mineral serta buah atau sayuran yang mengandung banyak air. Bila kamu rutin melakukan aktivitas dalam kondisi dan situasi yang banyak mengeluarkan keringat, sebaiknya minumlah banyak air dua sampai tiga liter per hari untuk mencegah kamu mengalami kekurangan cairan. Air sendiri membantu membuang zat sisa tubuh, salah satunya urea, berbagai racun di dalam tubuh, dan sodium. Salah satu tanda bila kamu kekurangan cairan adalah urin berwarna kuning.

Kamu bisa mengonsumsi air mineral yang memiliki kualitas baik, seperti Le Minerale yang merupakan air mineral yang diambil dari mata air pegunungan terpilih dari kedalaman 100 meter di bawah tanah. Selain itu, Le Minerale juga langsung dibotolkan dari sumbernya dengan menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia.

Proses pengolahan dengan teknologi tinggi ini melindungi kandungan mineral alami di dalamnya. Pada penutup botol terdapat pembungkus tutup botol (seal cap) untuk mencegah pemalsuan dan menjaga kualitas kandungan air mineralnya sehingga tetap utuh sampai ke tanganmu.

Kamu bisa dengan mudah mendapatkan Le Minerale, karena dijual di berbagai tempat perbelanjaan seperti supermarket, minimarket, hingga toko kelontong. Dengan meminum Le Minerale, dapatkan segala keuntungan yang berasal dari kandungan mineralnya.

Di dalam Le Minerale terdapat kandungan mineral yang baik bagi tubuh, yakni Magnesium (Mg) yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan jantung, Potasium (K) untuk membantu fungsi otot dan saraf, Calcium (Ca) yang membantu memelihara kesehatan tulang, dan Sodium (Na) yang berguna untuk membantu pengaturan cairan di dalam darah serta jaringan tubuh. Le Minerale juga mengandung mineral tambahan berupa Bikarbonat (HCO3—) yang penting untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Baca Juga :

Manfaat Air Pergunungan dari Sumber Mata Air Le Minerale

10 Gerakan Mengecilkan Perut yang bisa dilakukan dimana saja

3 Fakta Menarik Le Minerale yang Perlu Diketahui